Jumat 13 Sep 2024 16:14 WIB

Tren Kue Jadul di ChocoTrenz 2024 Bangkitkan Nostalgia

Banyak orang menjadikan kulineri layaknya fesyen dan gaya hidup.

Event ChocoTrenz 2024 NOWstalgia a delicacy from past to present. Event ini merupakan perpaduan antara sekarang dan nostalgia yang terinspirasi dari kue-kue klasik dengan gaya masa kini.
Foto: dokpri
Event ChocoTrenz 2024 NOWstalgia a delicacy from past to present. Event ini merupakan perpaduan antara sekarang dan nostalgia yang terinspirasi dari kue-kue klasik dengan gaya masa kini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini tren sajian jadul kembali booming. Di tengah gempuran menu modern yang dipengaruhi budaya luar, kue klasik selalu ada di hati masyarakat Indonesia. Bahkan banyak bakery masih bertahan menjual kue klasik yang tetap ramai peminat. Rupanya ada alasan mengapa tren kue ini diminati, banyak orang Indonesia yang suka dengan tekstur kue yang lembut dan isian yang padat.

“Orang Indonesia cenderung menyukai rasa manis. Tapi faktor utama yang membuat orang jatuh cinta dengan kue klasik karena teksturnya yang lembut dan legit di lidah. Contohnya saja Chiffon Cake, makanan yang dibuat dari kuning telur dalam jumlah cukup banyak ini membuat Chiffon menjadi sangat lembut,” papar Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana (GMK), Eka Sri Aryianti.

Banyak orang menjadikan kulineri layaknya fesyen dan gaya hidup, yang terus berulang dan mengikuti zaman. Faktor lain yang tidak bisa dipungkiri di tengah era media sosial ini adalah mudahnya bakery menjangkau banyak peminat baru.

Dengan mengangkat tema nostalgia, tak pelak tren kue jadul mampu menjadi hal yang banyak dicari orang.

Meski banyak digemari pecinta kue, sajian klasik rentan gagal dan tidak konsisten karena proses pembuatan yang cukup panjang. Salah satunya Chiffon Cake yang tergolong sebagai foam cake, kue yang diolah dari putih dan kuning telur serta minyak sayur ini memiliki tantangan tersendiri dalam pembuatannya secara manual.

“Pembuatan kue klasik seperti Chiffon Cake, Black Forest, Sponge Cake maupun Brownies dari scratch tidaklah mudah. Kekhawatiran hasilnya akan gagal atau tidak konsisten, dapat membuat kerugian bahkan merusak reputasi toko. Dari sinilah perlunya bahan baku dalam pembuatan kue yang menjamin kualitas rasa dan tekstur yang sama, salah satunya dengan solusi menggunakan produk premiks,” jelas Eka.

Banyak dari produsen kue gagal mendapat orderan karena membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatan. Belum lagi proses mengembangkan rasa yang enak membutuhkan banyak biaya dan tenaga. Semua permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan produk Haan® Cake Mix.

“Rangkaian produk Haan® Cake Mix didesain untuk memberikan solusi dan kemudahan di tengah hectic-nya kitchen commercial. Premiks ini menjamin konsisten dari segi hasil, mudah dibuat, dan enak rasanya. Dengan kemudahan dan konsistensi ini, food creator bisa mendapatkan lebih banyak waktu untuk berkreasi,” kata Eka.

Salah satu event yang mengangkat tema cake jadul adalah ChocoTrenz® 2024: NOWstalgia a delicacy from past to present. Event ini merupakan perpaduan antara ‘sekarang’ dan ‘nostalgia’ yang terinspirasi dari kue-kue klasik dengan gaya masa kini.

NOWstalgia mengusung beragam inspirasi, salah satunya Classic yang merupakan kreasi favorit sepanjang masa. Selain itu ada juga inspirasi Nostalgic, cita rasa dari suatu kreasi makanan di masa lalu yang menjadi tren di masa kini karena dapat membangkitkan momen nostalgia bagi para penikmatnya.

Tidak ketinggalan secara penampilan juga menawarkan visual yang Eye Candy, kreasi dengan sentuhan tampilan yang cantik dan kekinian, Ketiga inspirasi ini diharapkan dapat menarik perhatian dan menambah nilai jual. "NOWstalgia memberikan inspirasi tren pastry klasik yang disajikan dengan rasa dan tampilan kekinian. Inspirasi ini tampil dalam buku kreasi resep Collaze NOWstalgia, salah satunya Klapertaart Entremet; sajian klasik khas Manado dengan sentuhan cake chiffon yang modern, Cakalang Vol-au-vent; hidangan klasik mewah dari Perancis dengan dominasi rasa khas Nusantara hingga Assorted Kue Lumpur; jajanan khas Indonesia dengan tampilan yang lebih sophisticated,” sebut Eka.

Di event yang berlangsung di She La Vie Grand Ballroom, Alam Sutera Tangerang pada 4 September 2024 ini juga turut menghadirkan guest chef Nicky Tirta, yang akan memberikan inspirasi kue jadul yang terbukti banyak peminatnya. Kreasi cake, pastry hingga cokelat ini dapat memacu kreativitas Food Creators untuk terus berinovasi dan #jadiHaandalan.

Creative dan Corporate Communication Manager PT GMK, Iman Setia Nugraha, mengatakan salah satu kegiatan yang mengangkat tema cake jadul adalah ChocoTrenz 2024: NOWstalgia a delicacy from past to present. Kegiatan itu merupakan perpaduan antara ‘sekarang’ dan ‘nostalgia’ yang terinspirasi dari kue-kue klasik dengan gaya masa kini.

“NOWstalgia mengusung beragam inspirasi, salah satunya Classic yang merupakan kreasi favorit sepanjang masa. Selain itu ada juga inspirasi Nostalgic, cita rasa dari suatu kreasi makanan di masa lalu yang menjadi tren di masa kini karena dapat membangkitkan momen nostalgia bagi para penikmatnya,” kata Iman.

Tidak ketinggalan secara penampilan juga menawarkan visual yang Eye Candy, kreasi dengan sentuhan tampilan yang cantik dan kekinian, Ketiga inspirasi ini diharapkan dapat menarik perhatian dan menambah nilai jual.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement