Rabu 03 Mar 2021 15:38 WIB

Terminal Tirtonadi Selesaikan Pembangunan Ruang Publik

Ruang publik di lantai dua terminal ada gedung pertemuan, pusat olahraga dan kuliner.

Sejumlah penumpang menunggu bus di Terminal Tirtonadi Solo, beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Binti Sholikah
Sejumlah penumpang menunggu bus di Terminal Tirtonadi Solo, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Jawa Tengah, segera menyelesaikan pembangunan ruang publik yang ada di lantai dua. Di antaranya gedung pertemuan, pusat olah raga, dan pusat jajanan.

"Pengembangan lantai dua, di antaranya sport center, convention hall, food court, dan tahun ini akan dilengkapi dengan selasar dan eskalator, termasuk pengaspalan agar tidak tergenang," kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto.

Ia mengatakan mengenai penambahan sejumlah fasilitas tersebut saat ini masih dalam tahap lelang dan diharapkan di bulan ini pembangunan bisa segera terlaksana.

"Termasuk nanti convention hall kami kasih kanopi, sport center dilengkapi tampilannya," katanya.

 

Pihaknya berharap dengan penambahan sejumlah fasilitas tersebut, ruang publik yang ada di lantai dua Terminal Tirtonadi ini bisa secara resmi dibuka untuk umum.

"Dibuka untuk masyarakat nanti kalau sudah selesai, sekitar bulan Mei-Juni. Nanti di selasar juga akan ada live music," katanya.

Ia juga berharap dengan penambahan sejumlah fasilitas tersebut dapat menambah ketertarikan masyarakat untuk memanfaatkan transportasi publik. Apalagi, semenjak pandemi Covid-19 terjadi penurunan yang cukup signifikan untuk jumlah pengguna bus yang melalui terminal tersebut.

"Kalau sebelum Covid-19 ada 20 ribu-22 ribu penumpang per hari, jumlah bus yang keluar masuk sekitar 12.000/hari. Kalau sekarang berkurang sampai 50 persen," katanya.

Sebelumnya, untuk pembangunan lantai dua terminal tersebut, Kementerian Perhubungan menganggarkan dana sebesar Rp 40 miliar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement