Jumat 18 Mar 2022 17:13 WIB

Wifi Padukuhan Diharap Tingkatkan Produktivitas Warga Sleman

Sehingga, semua masyarakat Sleman dapat merasakan kemajuan teknologi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Wifi Padukuhan Diharap Tingkatkan Produktivitas Warga Sleman (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Wifi Padukuhan Diharap Tingkatkan Produktivitas Warga Sleman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, melakukan kunjungan lapangan ke lokasi program Wifi Padukuhan yang disediakan melalui Dinas Kominfo Kabupaten Sleman. Kustini bersama rombongan mengunjungi total empat lokasi titik-titik wifi.

Ada di Balai RW 2 Cupuwatu 1 Kalurahan Purwomartani Kapanewon Kalasan, Rumah Tahfidz Aisyiyah Kalurahan Madurejo Kapanewon Prambanan, Balai Dusun Padukuhan Gedang dan Balai Dusun Nglengkong di Kalurahan Sambirejo Kapanewon Prambanan.

Baca Juga

Kustini mengatakan, kunjungan kali ini dilakukan untuk memastikan fasilitas wifi gratis yang disediakan Pemkab Sleman bisa benar-benar berjalan secara maksimal. Sehingga, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat.

Terutama, lanjut Kustini, di bidang pendidikan, ekonomi dan sosial masyarakat. Ia menekankan, program ini memiliki tujuan yang tidak lain kesetaraan fasilitas jaringan internet untuk seluruh masyarakat Sleman sampai ke tingkat padukuhan.

 

"Sehingga, semua masyarakat Sleman dapat merasakan kemajuan teknologi. Dengan adanya wifi gratis ini diharapkan dapat membantu anak-anak kita untuk belajar dan ibu-ibu untuk membuka usaha baru," kata Kustini, Jumat (18/3).

Program Wifi Padukuhan sendiri merupakan bentuk realisasi dari visi dan misi Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman dalam rangka mewujudkan kabupaten yang cerdas. Program ini diinisiasi dengan tajuk Wifi Sleman untuk Sesarengan.

Pelaksanaan program Wifi Padukuhan ini diharapkan bisa bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, ekonomi, sosial dan kebudayaan. Program ini sendiri menargetkan wifi 1.212 padukuhan, dan sudah terpasang di 439 padukuhan.

Pada Februari 2022 kemarin, Pemkab Sleman memperluas implementasi pemasangan wifi gratis tersebut di padukuhan-padukuhan yang ada. Kala itu, dilakukan di Kalurahan Girikerto Kapanewon Turi dan Kalurahan Purwobinangun Kapanewon pakem.

Program Wifi Padukuhan ini mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Salah satu siswa SMP yang berada di Cupuwatu, Lintang mengaku, merasa terbantu dengan adanya fasilitas wifi gratis yang disediakan melalui Dinas Kominfo Sleman itu.

"Sangat terbantu dengan program wifi gratis ini, terutama dalam menjalani sekolah secara daring, mengerjakan tugas dan lain-lain," ujar Lintang. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement