Senin 25 Jul 2022 20:19 WIB

UMS Sambut 4.070 Mahasiswa Baru Gelombang Pertama

Sebanyak 26 di antaranya merupakan mahasiswa asing.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Suasana penerimaan mahasiswa baru di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Senin (25/7/2022) pagi.
Foto: Dokumen
Suasana penerimaan mahasiswa baru di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Senin (25/7/2022) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO-- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menyelenggarakan Grand Opening Masa Ta'aruf Penyambutan Mahasiswa Baru (GO Masta PMB) gelombang pertama di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Senin (25/7/2022) pagi. Kegiatan tersebut diadakan secara luring dan diikuti oleh 4.070 mahasiswa yang 26 di antaranya mahasiswa asing.

Rektor UMS, Sofyan Anif menyampaikan, bahwa tujuan Masta kali ini adalah untuk memperkenalkan dan memantapkan mahasiswa baru. Pasalnya, UMS memiliki kualitas yang dapat mengembangkan bakat mahasiswa.

"Mahasiswa baru dapat meningkatkan dan memanfaatkan fasilitas yang ada di UMS untuk mengembangkan diri sesuai disiplin ilmu dan kemampuan masing-masing," tegasnya, Senin (25/7/2022).

Selain itu, ia juga menyampaikan setidaknya terdapat 26 mahasiswa luar negeri yang turut mengikuti GO Masta PMB. Namun, ia mengatakan akan ada penambahan kuota mahasiswa asal luar negeri pada gelombang berikutnya.

"Kemungkinan kita akan menambah lagi jumlah kuota mahasiswa luar negeri pada kloter selanjutnya, kuota yang tersedia 40 untuk memperoleh beasiswa dari UMS," ungkapnya.

Selanjutnya, jumlah mahasiswa asal luar negeri yang mendaftar setidaknya terdapat 365 orang. Namun, ia mengatakan hanya akan diambil 40 orang mengingat saat ini UMS sudah melakukan MoU dengan 32 negara di berbagai belahan dunia.

"Ini menunjukkan mutu UMS yang mendapatkan predikat kampus terbaik ke-3 Kampus Islam terbaik di dunia," tegasnya.

Selanjutnya, ada sejumlah peningkatan pendaftar pada penerimaan siswa tahun ini. Baik dari mahasiswa dalam negeri hingga luar negeri pada 12 fakultas yang tersedia di UMS.

“Secara minat ada peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Setidaknya dari 200an di tahun lalu sekarang menjadi 300an yang dari luar negeri. Sedangkan dari dalam negeri jumlahnya yang mendaftar ada 22 ribu dan yang sudah diterima ada 6.900an,” kata Kabiro Kemahasiswaan UMS Ahmad Kholid.

Di sisi lain, Ketua Koordinator Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Korkom IMM) UMS juga menyampaikan, dengan kampus yang sudah berkelas dunia, diharapkan mahasiswa mampu bersaing untuk dapat berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik.

"Grand Opening ini merupakan gerbang awal dalam agenda penyambutan mahasiswa baru, karena setelah ini akan ada Masta IMM dan Expo UKM yang dapat menambah wawasan seputar kampus," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement