Kamis 25 Aug 2022 16:27 WIB

Perkuat Digitalisasi Layanan Informasi, Banyumas Luncurkan Inovasi 'Telaga Antik'

Tiap OPD diminta memfungsikan dan memanfaatkan aplikasi yang sudah dibuat.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono meluncurkan inovasi Telaga Antik (Terwujudnya Literasi Warga dengan Jurnalistik) dalam Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Domain dan Website Desa Tahun 2022, Kamis (25/8/22) di D
Foto: Pemkab Banyumas
Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono meluncurkan inovasi Telaga Antik (Terwujudnya Literasi Warga dengan Jurnalistik) dalam Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Domain dan Website Desa Tahun 2022, Kamis (25/8/22) di D

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO - Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, meluncurkan inovasi 'Telaga Antik' (Terwujudnya Literasi Warga dengan Jurnalistik) yang diinovasi oleh Dr Ani Widosari, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Purwokerto Utara. Peluncuran ini diselenggarakan dalam Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Domain dan Website Desa 2022, Kamis (25/8/2022), di D'Garden Hall Resto Purwokerto.

Kepala Dinkominfo Banyumas, Drs Yayah Setiyono mengatakan, peserta rapat koordinasi ini sebanyak 100 orang yang berasal dari perwakilan unsur OPD kecamatan dan desa. "Tujuan rapat adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta dalam memahami fungsi domain website desa dan kecamatan serta tersosialisasinya inovasi 'Telaga Antik'," kata Yayah.

Wakil Bupati Sadewo sangat mengapresiasi atas terselenggaranya rapat koordinasi dan launching inovasi 'Telaga Antik' karena dapat menjadi sarana yang efektif guna memperkuat komitmen dan memperteguh tekad untuk meningkatkan digitalisasi pelayanan informasi di wilayah Banyumas.

Ia juga mengajak seluruh kepala desa dan perangkat desa di Banyumas untuk berpartisipasi dan mendukung optimalisasi pemanfaatan fasilitas digital yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas.

"Teman-teman OPD saya minta memfungsikan dan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang sudah dibuat untuk kepentingan kita,” tegasnya.

Sedangkan Sekretaris Daerah Banyumas, Wahyu Budi Saptono yang turut hadir dalam rapat koordinasi ini sebagai narasumber memberikan materi tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa.

Dalam penyampaian materinya, sekda mengajak peserta untuk menggunakan aplikasi yang telah disediakan untuk memajukan desa dan bagi yang masih gagap teknologi bisa berkoordinasi dengan Dinkominfo Banyumas.

Sementara inovator 'Telaga Antik' Ani Widosari mengatakan inovasi dibuat sebagai sarana memudahkan pelaksana kegiatan atau pajabat untuk dapat mendokumentasikan dan memberikan informasi secara cepat tentang kegiatan yang dilaksanakan melalui data dan foto.

Sehingga masyarakat dapat mengetahui secara cepat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh tiap OPD. Dengan informasi akan menjadi cepat dan baik tersebut akan menjadi kebiasaan, informasi yang transparan dan tidak ada yang ditutup tutupi.

"Dengan demikian secara tidak langsung membangun literasi masyarakat karena kebiasaan membaca," kata Ani. Ia juga memastikan bahwa menulis itu tidak sulit.

Dengan kebiasaan yang dilakukan ini juga akan menghindari berita-berita hoaks. Ani menambahkan bahwa pihaknya menggandeng relawan yang berasal dari akademisi, PWI, wartawan, dan pegiat literasi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement