Jumat 26 Aug 2022 15:28 WIB

Permudah Lulusan Cari Kerja, UMS Perkuat Lembaga Sertifikasi Profesi

UMS mengacu pada pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Kegiatan penguatan Lembaga Sertifikasi Profesi di UMS.
Foto: Dokumen
Kegiatan penguatan Lembaga Sertifikasi Profesi di UMS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengundang dua mitranya, Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), guna Penguatan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di Gedung Induk Siti Walidah, Kamis (25/8/2022).

Tujuannya selain memperkuat kompetensi di bidang yang sesuai dengan jurusan dan program studi yang terdapat di universitas, juga meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya dalam pengelolaan LSP.

Wakil Rektor V UMS, Supriyono menyampaikan, UMS mengacu pada pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Oleh karena itu, untuk menerapkan dan memelihara sistem mutu, perbaikan berkelanjutan diperlukan.

 

"Kita ingin LSP terlisensi BNSP, di mana ini merupakan ajang bagi kita semua untuk bisa melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja," katanya.

Lebih lanjut Supriyono juga menyampaikan harapannya dengan LSP maka UMS akan memiliki lulusan yang bersertifikat kompetensi tertentu yang akan bermanfaat untuk mencari kerja.

Sementara itu, Guru Besar bidang Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Ihyaul Ulum menyampaikan diperlukan mengembangkan dan menyesuaikan skema dengan kebutuhan dunia kerja. Pasalnya, hal itu dapat meningkatkan daya saing lulusan program Diploma dan Sarjana UMS.

"LSP yang didirikan oleh lembaga pendidikan dan pelatihan dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta pendidikan/pelatihan berbasis kompetensi dan sumber daya manusia dari jejaring kerja lembaga induknya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP," terangnya.

Dalam kesempatan itu hadir sebagai narasumber, Ihyaul Ulum dari UMM dan Muljadi dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Keduanya diterima Wakil Rektor V UMS Supriyono, dan Kabid Kerjasama DUDI UMS, Andy Dwi Bayu Bawono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement