Selasa 06 Sep 2022 09:21 WIB

Workshop Merdeka UMS, Dorong Mahasiswa Berwirausaha

Motivasi usaha menjadi bagian penting dalam diri setiap pebisnis.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Workshop program Wirausaha Merdeka di Gedung Induk Siti Walidah UMS.
Foto: Dokumen
Workshop program Wirausaha Merdeka di Gedung Induk Siti Walidah UMS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dalam rangka mendorong sekaligus memfasilitasi mahasiswa dalam menjalankan dan mengembangkan wirausaha, Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) mengadakan workshop Program Wirausaha Merdeka (WMK) di Gedung Induk Siti Walidah.

 

Program Wirausaha Merdeka ini berfokus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur, melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Kegiatan tersebut diikuti oleh 250 mahasiswa secara langsung dan 500 mahasiswa secara daring.

Wasono Nurhadi selaku narasumber pertama menyampaikan motivasi usaha harus memiliki tekad yang kuat. Menurutnya motivasi usaha adalah salah satu yang menjadi bagian penting dalam diri setiap pebisnis, baik yang masih baru maupun sudah berpengalaman.

        

“Meningkatkan motivasi usaha bisa dilakukan dengan cara pantang menyerah dan tidak mudah patah semangat,” katanya, Selasa (6/9/2022).

Sementara itu, Dodok Sartono narasumber lainnya menyampaikan  guna mendapatkan motivasi usaha, seorang pebisnis juga harus memiliki tujuan yang ingin dicapai. Sebab, hal tersebut dimulai saat pertama kali mencoba atau ketika sedang berjalan secara bertahap.

“Sebelum mewujudkan tujuan besar, cobalah penuhi target yang bisa dilakukan saat ini. Jika satu target berhasil dicapai, maka bisa berlanjut ke target berikut dan begitu seterusnya. Dengan begitu, motivasi kalian akan terus ada untuk mencapai target tersebut," terangnya.

Ia berharap dari kegiatan ini mahasiswa bisa menjadi pebisnis muda yang bisa meningkatkan motivasi untuk usaha. Tentunya dengan berfokus pada apa yang sedang dikerjakan saat ini.

"Semoga banyak lahir pebisnis muda, yang fokus pada apa yang mereka sukai dan kerjakan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement