Selasa 01 Nov 2022 21:20 WIB

Pemkab Pasuruan Bangun 1.004 Jamban Sehat

Jamban tersebut akan dibangun di 51 desa di 22 kecamatan.

Pemkab Pasuruan Bangun 1.004 Jamban Sehat (Ilustrasi).
Foto: FOTO ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng/2021
Pemkab Pasuruan Bangun 1.004 Jamban Sehat (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PASURUAN -- Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur membangun 1.004 jamban sehat di daerah setempat guna mengurangi masyarakat yang buang air besar secara sembarangan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan Eko Bagus Wicaksono mengatakan jamban tersebut akan dibangun di 51 desa di 22 kecamatan. Anggaran pembangunan satujamban Rp2,5 juta, sedangkan total anggaranRp2,5 miliar.Ia mengatakananggarantidak bersumber dari APBD induk, tetapi dialokasikan dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Baca Juga

"Kalau per KK anggarannya sebesar Rp2,5 juta. Tapi kalau totalnya mencapai Rp2,5 miliar dari APBD Kabupaten Pasuruan yang bersumber dari DBHCHT," kata Eko, Selasa (1/11/2022).

Ia mengatakan jamban sehat yang dibangun tahun ini jumlahnya meningkat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 830 jamban.

Pembangunannya, katanya,sudah dimulai pada pertengahan bulan Oktober dan ditargetkan selesai sebelum akhir tahun.

Hanya saja, kata dia, meski tahun ini ada seribuan jamban sehat yang tengah dibangun,masih ada 22 ribu rumah warga yang belum memiliki jamban sehat.Ia mengatakan secara bertahap Pemkab Pasuruan akan membangun jamban sehat karenaminimnya anggaran yang dimiliki untuk membangun dengan jumlah yang jauh lebih banyak.

Oleh karenanya, Eko berharap, ada banyak pihak yang membantu masyarakat yang belum mempunyai jamban, agar tak ada lagi yang BAB (Buang Air Besar) sembarangan.

"Karena kalau APBD saja ya tidak mungkin bisa menyelesaikan semuanya langsung. Kami berharap swasta, perusahaan atau pihak lain yang membantu pemerintah dalam melengkapi rumah warga kurang mampu dengan jamban sehat," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement