Rabu 28 Dec 2022 19:24 WIB

Ratusan Wisatawan Kunjungi Keraton Surakarta Jelang Libur Akhir Tahun

Wisatawan senang bisa berkunjung hingga bisa mengakses bagian dalam keraton

Ratusan Wisatawan Kunjungi Keraton Surakarta Jelang Libur Akhir Tahun (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Ratusan Wisatawan Kunjungi Keraton Surakarta Jelang Libur Akhir Tahun (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Ratusan wisatawan terlihat antre mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat jelang libur akhir tahun pada Rabu (28/12/2022).

Para wisatawan yang berkunjung tersebut antre memasuki kawasan dalam keraton melalui pintu utama yang disebut sebagai Kori Kamandungan. Padahal selama ini wisatawan hanya diperbolehkan masuk di museum keraton.

Baca Juga

Namun sejak munculnya isu dugaan pencurian aset keraton beberapa waktu lalu, hingga saat ini museum masih ditutup untuk umum.

Perwakilan Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Surakarta Kanjeng Pangeran Eddy S Wirabhumi mengatakan pembukaan Kori Kamandungan dilakukan sejak Selasa (27/12). Pada hari pertama tersebut jumlah pengunjung mencapai 1.000 orang.

"Sebelumnya kan sempat ada (wisatawan) yang kecele, padahal sudah datang dari jauh. Solo kan katanya kota wisata," katanya.

Ia mengatakan sejauh ini wisatawan senang bisa berkunjung hingga bisa mengakses bagian dalam keraton. "Rata-rata yang masuk ngomong kalau mereka merasa tentram (ketika berada di keraton)," katanya.

Salah satu pengunjung asal Kabupaten Karanganyar Wiwin mengatakan senang bisa masuk keraton melalui Kori Kamandungan. Ia mengaku baru kali pertama datang ke Keraton Surakarta.

"Saya baru kali ini, sekalian mengantar kakak dari Bekasi yang lagi liburan ke sini. Tadi saya sampai ke ruangan yang biasa digunakan untuk kenaikan tahta," katanya.

Ia mengatakan sejauh ini bagian bangunan keraton yang diakses oleh wisatawan masih cukup bagus. "Ya masih cukup bagus," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement