Ahad 15 Jan 2023 12:26 WIB

Pemkab Gorontalo Teken Kerja Sama dengan Unisa Yogyakarta

Ada beberapa jurusan yang dibutuhkan untuk menjalin kerja sama.

Kampus Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta di Jalan Siliwangi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Foto: Dok Unisa
Kampus Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta di Jalan Siliwangi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta.

Penandatanganan MoU itu terkait bidang Catur Dharma Perguruan Tinggi, implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo terkait pembukaan Fakultas Kedokteran Unisa Yogyakarta.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo dalam taklimat media mengatakan ada beberapa jurusan yang dibutuhkan untuk menjalin kerja sama.

"Di antaranya analisis kimia, analisis radiologi, analisis fisioterapi yang tidak ada di Gorontalo karena mereka sudah terakreditasi bagus, termasuk mendorong Fakultas Kedokteran," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nelson menyatakan dukungan baik MoU dengan Unisa Yogyakarta dalam bidang pendidikan untuk kemajuan Unisa Yogyakarta dan Kabupaten Gorontalo.

"Saya siap membiayai terkait riset dan penelitian yang dilakukan di Kabupaten Gorontalo bagi mahasiswa dan dosen, baik masyarakat Gorontalo maupun dari luar daerah," katanya.

Apalagi, kata dia, Yogyakarta adalah kota pendidikan yang bagus, sehingga model pendidikan di Yogyakarta akan coba dibuat di Kabupaten Gorontalo sebagai Kota "Madinatul Ilmi".

"Intinya kita kolaborasi dengan Unisa tiga hal, yakni bidang pendidikan dalam rangka menyekolahkan masyarakat disini atau menerima alumni Unisayang sudah dididik," kata Nelson Pomalingo.

Rektor Unisa Yogyakarta, Warsiti mengatakan langkah awal formal itu untuk bekerja sama dengan Pemkab Gorontalo menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten, sesuai dengan kebutuhan.

"Unisa Yogyakarta akan membuka Fakultas Kedokteran untuk memperluas kebermanfaatan bagi umat dan bangsa, adanya kesepakatan ini diharapkan mampu menjadi upaya tersedianya SDM yang kompeten," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement