Senin 16 Jan 2023 14:43 WIB

Direlokasi ke Pasar Klithikan Pakuncen, Pedagang di Jalan Perwakilan Bongkar Kios

Setidaknya, terdapat 21 kios pedagang di Jalan Perwakilan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Suasana di Jalan Perwakilan Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Suasana di Jalan Perwakilan Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pedagang di Jalan Perwakilan, Kota Yogyakarta sudah mulai direlokasi ke Pasar Klithikan Pakuncen. Relokasi pedagang dari Jalan Perwakilan dilakukan mengingat kawasan itu akan menjadi bagian dari pembangunan Jogja Planning Gallery (JPG).

Pada Senin (16/1/2023) ini, para pedagang masih membongkar barang-barang yang akan dibawa ke lokasi baru. Pantauan Republika di Jalan Perwakilan, barang dagangan pedagang sudah dipindahkan dari kios.

Meskipun begitu, masih banyak pedagang yang melakukan pembongkaran bangunan kios seperti membongkar kerangka bangunan kios. Bahkan pintu-pintu kios juga sudah banyak yang dibongkar oleh pedagang.  

Setidaknya, terdapat 21 kios pedagang di Jalan Perwakilan. Seluruh pedagang di kawasan tersebut pun sudah setuju untuk direlokasi ke Pasar Klithikan Pakuncen, setelah sebelumnya sempat menolak.

"Kami telah mendapat afirmasi pada tanggal 9 Januari di Kantor UPT Malioboro dari Pemerintah kota Yogya berupa pemindahan atau relokasi di Pasar Klitikan Pakuncen," kata Ketua Forum Komunikasi dan Koordinasi Perwakilan (FKKP), Adi Kusuma Putra.

Adi mengatakan, pihaknya juga telah menerima konfirmasi dari Pemda DIY bahwa kawasan di Jalan Perwakilan akan dijadikan taman sesuai dengan pemenang desain sayembara JPG. Dengan begitu, kawasan tersebut tidak akan menjadi tempat aktivitas perekonomian setelah dikosongkan.

"Yang dalam rencana akan segera digarap pada bulan (Januari) ini," ujar Adi.

"Kami (FKKP) sebagai warga negara yang baik siap mendukung atas pembangunan Taman Jogja Planning Gallery demi kebaikan dan kemajuan Yogyakarta," kata Adi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement