Kamis 16 Feb 2023 08:59 WIB

Purbalingga dan Kota Tono Jepang Jalin Kerja Sama Pengiriman Tenaga Kerja

Delegasi Kota Tono berkunjung ke Purbalingga meninjau berbagai peluang kerja sama.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.
Foto: istimewa
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pemerintah Kota Tono Jepang bersama dengan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, sepakat menjalani kerja sama dalam pengiriman ketenagakerjaan. Hal ini sebagai tindak lanjut kunjungan delegasi Kota Tono Jepang ke Purbalingga pada Selasa (7/2/2023) lalu.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, Purbalingga dan Kota Tono memiliki karakteristik daerah yang sama. Sepekan lalu delegasi Kota Tono berkunjung ke Purbalingga untuk meninjau industri, wisata, sekolah, juga lembaga yang menyalurkan tenaga kerja ke Jepang.

"Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik bagi delegasi Kota Tono yakni terkait dengan pendidikan, UMKM, dan SDM yang ada di Purbalingga," kata Bupati Tiwi saat Zoom Meeting dengan Wali Kota Tono di Ruang Rapat Bupati, Rabu (15/2/2023).

Kerajinan sapu dan produksi gula kristal juga membuat kesan tersendiri bagi delegasi Kota Tono saat berkunjung ke Purbalingga. Kemudian, delegasi Tono juga terkesan dengan keramahan masyarakat Purbalingga.

 

"Banyaknya kesamaan ini nantinya akan kita tindak lanjuti dengan kerja sama antara Kota Tono dan Purbalingga," ujarnya. Menurut dia, kerja sama antara Pemkab Purbalingga dan Pemkot Tono dalam penyaluran tenaga kerja segera direalisasikan.

"Setelah semuanya siap dan sudah ada informasi terkait dengan penerima tenaga kerja di sana akan dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama," terang Bupati Tiwi.

Wali Kota Tono, Kazuhiko Tada, mengatakan siap melakukan kerja sama dengan Pemkab Purbalingga. Pihaknya terkesan dengan potensi yang ada di Purbalingga.

"Kita sedang menyiapkan perusahaan penerima tenaga kerja yang akan menyalurkan sesuai dengan kompetensi dari tenaga kerja dari Purbalingga," katanya.

Zoom Meeting dengan wali kota Tono, bupati Purbalingga didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan serta OPD terkait. Selain itu, juga diikuti oleh LPK Yasui Abadi, LPK Jantras, dan LBK Masive SMK YPT Purbalingga.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement