Ahad 26 Feb 2023 06:07 WIB

Desa Wisata Lestari Kaliku DIY Gelar Kampanye Sadar Wisata

Deswita Lestari Kaliku akan memanfaatkan potensi Sungai Denggung sebagai objek wisata

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo
Foto: Dok. Humas Pemkab Sleman
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Desa wisata (Deswita) Lestari Kaliku, Gabugan, Pandowoharjo bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar kegiatan kampanye sadar wisata dan diskusi pengembangan potensi pariwisata di wilayah itu, Sabtu.

Ketua Desa Wisata Lestari Kaliku Bambang Sugaib mengatakan, salah satu latar belakang pengembangan Desa Wisata Lestari Kaliku adalah adanya potensi alam yang dimiliki Padukuhan Gabugan untuk dikembangkan menjadi tempat wisata.

"Dengan begitu, diharapkan Deswita Lestari Kaliku dapat menjadi tujuan wisata baru di Sleman yang sekaligus bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," katanya.

Menurut dia, dalam pengelolaannya, Deswita Lestari Kaliku akan memanfaatkan potensi Sungai Denggung sebagai objek wisata.

 

"Nantinya akan dikelola dari, oleh, dan untuk warga Padukuhan Gabugan. Sehingga potensi wisata ini tidak sekadar dimanfaatkan orang luar, namun warga juga bisa mengelola dan mendapatkan manfaatnya," katanya.

Ia mengatakan, untuk menambah daya tarik wisatawan, Deswita Lestari Kaliku menawarkan beberapa kegiatan yang melibatkan alam, seperti mandi "ciblon", mandi "kekeceh", dan mandi "bergas waras".

Kemudian untuk area di sekitar desa wisata juga akan dimanfaatkan dengan kegiatan joging serta senam. Sementara itu, untuk potensi wisata alam dan budaya akan dikembangkan dengan kegiatan wisata sayur mayur, wisata seni budaya, wisata pemancingan, serta wisata kuliner.

"Dengan semangat masyarakat yang tinggi untuk mengembangkan Desa Wisata Lestari Kaliku, semoga bisa terealisasi dengan baik dan lancar," kata Bambang.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang hadir pada kegiatan tersebut memberikan respons positif terhadap paparan konsep Desa Wisata Lestari Kaliku.

Bupati mengapresiasi peran aktif masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di padukuhannya. Terlebih lagi untuk Padukuhan Gabugan yang berada di pusat kota Sleman, pemanfaatan potensi alam akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Sleman mengapresiasi ide dan inisiatif yang sudah disampaikan. Tadi disebutkan bahwa ini adalah ide masyarakat, sehingga semangat ini harus kita jaga dan wujudkan bersama," katanya.

Kustini mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman terbuka terhadap masukkan dan ide-ide dalam pengembangan potensi wisata.

"Pengelola desa wisata agar dapat menyampaikan detail konsep dan ide pengembangan melalui Dinas Pariwisata. Dengan begitu, diharapkan sinergi antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan masyarakat dapat melahirkan inovasi baru khususnya untuk dunia pariwisata Sleman," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kustini sekaligus mengukuhkan pengurus Desa Wisata Lestari Kaliku. Pengukuhan dilakukan dengan pembacaan ikrar yang dipimpin Bupati Sleman dan diikuti oleh seluruh pengurus desa wisata.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement