Senin 27 Feb 2023 08:26 WIB

Palgading Dibuka Kembali, Bupati Sleman Harap Masyarakat Kembangkan Potensi Desa Wisata

Palgading memiliki berbagai macam potensi yang layak dijadikan desa wisata.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meluncurkan kembali Desa Wisata Palgading, Ahad (26/2/2023).
Foto: Humas Pemkab Sleman
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meluncurkan kembali Desa Wisata Palgading, Ahad (26/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Ahad (26/2/2023) meluncurkan ulang Desa Wisata Palgading yang sempat ditutup karena pandemi. Kustini mengajak masyarakat untuk terus mengembangkan potensi yang ada di Desa Wisata Palgading.

"Saya senantiasa mengajak seluruh masyarakat Palgading untuk guyub dan bersama-sama menggerakkan dan mengembangkan potensi yang dulu sudah bagus harus lebih ditingkatkan," kata Kustini dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/2/2023).

Kustini mengapresiasi semangat dan niat masyarakat Palgading untuk bangkit dalam mengembangkan dan mengelola Desa Wisata Palgading. Ia menambahkan, nantinya Pemkab Sleman melalui Dinas Pariwisata akan memberikan pendampingan dan bantuan terkait pengembangan desa wisata Palgading.

Sementara itu, Sumarjo selaku Ketua Desa Wisata Palgading menjelaskan bahwa terbentuknya kembali Desa Wisata Palgading ini atas dasar niat dan semangat warga Palgading. Menurutnya, Palgading memiliki berbagai macam potensi yang layak dijadikan desa wisata seperti wisata agro, perikanan, pengolah pupuk organik dan IPAL terpadu

Selain itu, juga terdapat potensi budaya seperti situs candi palgading, uyon-uyon dan macapatan. Kemudian home industry seperti kerajinan kulit, kayu, tas rak alam, dan sebagainya serta wisata petualangan seperti outbound, susur sungai dan berkemah.

"Harapan kami dapat terus berkembang dan eksis di luar seperti sediakala. Selaku pengurus, kami akan memaksimalkan Desa Wisata Palgading untuk terus maju demi kesejahteraan masyarakat Palgading," ucapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement