Ahad 19 Mar 2023 19:01 WIB

Pasar Sahur Perdana di Masjid Jogokariyan Yogyakarta saat Ramadhan

Pasar Sahur di Masjid Jogokariyan rencananya dibuka mulai pukul 02.00 WIB.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
Petugas menyiapkan makanan untuk berbuka puasa di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Selasa (5/4/2022).
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah/hp.
Petugas menyiapkan makanan untuk berbuka puasa di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Selasa (5/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Masjid Jogokariyan, Kota Yogyakarta, rencananya mengadakan Pasar Sahur pada bulan Ramadhan 2023. Ini akan menjadi edisi perdana Pasar Sahur di Masjid Jogokariyan.

“Tahun ini ada yang baru, Pasar Sahur. Jadi, mulai malam pertama Ramadhan, kita sudah menyelenggarakan Pasar Sahur mulai jam 02.00 WIB (dini hari) di sekitar masjid,” ujar Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan Ustaz Muhammad Jazir kepada Republika.

Di tahun-tahun sebelumnya tidak ada agenda Pasar Sahur di Masjid Jogokariyan. Padahal, kata Ustaz Jazir, banyak warga yang beriktikaf di Masjid Jogokariyan. “Banyak sekali orang dari berbagai daerah yang ingin beriktikaf di Masjid Jogokariyan, tetapi panitia kan kemampuan untuk melayani dan menyiapkan menu sahur terbatas,” kata dia.

Ustaz Jazir mengatakan, Masjid Jogokariyan berinisiatif menyelenggarakan Pasar Sahur pada Ramadhan tahun ini mengingat tingginya animo jamaah beriktikaf di masjid. Jamaah yang beriktikaf di Masjid Jogokariyan ini disebut berasal dari berbagai daerah, bukan hanya Yogyakarta.

 

“Supaya mereka mudah bisa mendapatkan makanan sahur, maka mulai tahun ini kita berikan layanan dalam bentuk penyediaan makan sahur berupa Pasar Sahur bagi mereka yang ingin sejak awal Ramadhan mau iktikaf secara mandiri di Masjid Jogokariyan,” ujar Ustaz Jazir.

Namun, Pasar Sahur bukan hanya ditujukan bagi jamaah yang beriktikaf di Masjid Jogokariyan. Masyarakat umum juga bisa memanfaatkan Pasar Sahur ini.

“Ada lauk-pauk, nasi, untuk orang yang akan sahur. Tidak hanya yang mau (sahur) di masjid saja, tapi mereka yang mau belanja untuk kepentingan sahur di rumah mereka,” kata Ustaz Jazir.

Selain Pasar Sahur, agenda Pasar Sore yang sudah rutin dilaksanakan saat Ramadhan akan digelar juga tahun ini. Saat program “Kampoeng Ramadhan Jogokariyan” ini akan diadakan kegiatan buka puasa bersama setiap harinya selama Ramadhan.

Untuk buka puasa ini akan disediakan sekitar 3.500 porsi makanan/takjil per harinya. Masjid Jogokariyan membuka pintu donasi bagi masyarakat yang ingin berbagi makanan selama Ramadhan ini.

“Kegiatan selama Ramadhan, mulai dari ibadah Ramadhan, ada kegiatan buka puasa yang kita sediakan 3.500 piring per hari dari hari pertama sampai hari terakhir, Pasar Sore, kegiatan tarawih, kemudian subuh dan juga diskusi-diskusi tematik,” ujar ustaz Jazir.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement