Selasa 21 Mar 2023 12:53 WIB

Nicholas Saputra dan Happy Salma Tertarik Garap Pertunjukan Seni di Solo

Seniman-seniman lokal dipastikan turut andil dalam pertunjukan itu.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Aktris Happy Salma (kiri) dan aktor Nicholas Saputra (kanan)
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Aktris Happy Salma (kiri) dan aktor Nicholas Saputra (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dua artis Ibu Kota, Nicolas Saputra serta Happy Salma, dipastikan akan membuat pertunjukan seni budaya di Kota Solo. Hal ini terungkap usai mereka melakukan pertemuan dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming.

"Bukan film, kami akan memproduseri pertunjukan tradisi yang kita bawa ke kota besar. Kita melihat geliat bagaimana sih Solo ini. Kita terinspirasi sama Mas Gibran dan Gusti Bhre. Kita ingin melihat apa yang mungkin suatu saat kita bisa lakukan sebuah aksi-aksi budaya yang sangat universal tentang Nusantara," kata Happy Salma, Selasa, (21/03/2023).

Kendati demikian, Happy belum mau membocorkan soal pertunjukan seni dan budaya macam apa  yang bakal digelar pada tahun ini tersebut. Namun, ia menegaskan bahwa pertunjukan tersebut adalah seni kolaborasi.

"Kita belum bisa cerita banyak, tapi kita ingin melakukan sebuah aksi karya kolaborasi. Pengennya tahun ini, kita setiap tahun selalu membuat kegiatan seni pertunjukan biasanya di kota-kota besar. Jadi pengennya tidak hanya di Jakarta tapi ada di tempat lain. Kita melihat sepertinya Solo menarik, Solo membuka ruang kolaborasi tidak hanya budaya Jawa tapi budaya-budaya Nusantara," katanya.

Selain itu, pertunjukan ini menurutnya tak akan terwujud bila tidak ada kolaborasi dengan pemerintah kota maupun stakeholder terkait. "Intinya kita sangat sayang banget sama bangsa ini. Sama tradisinya, sama budayanya dan kayaknya kerja tidak mungkin bisa dilakukan sendiri selalu membutuhkan kolaborasi dengan banyak pihak," terangnya.

Disinggung soal lokasi pertunjukan nantinya, Happy belum dapat memastikan. Namun, ia mengatakan bahwa Solo sendiri adalah kota yang kaya akan budaya.

"Kita masih belum tahu, tapi yang pasti lokasi yang berjodoh sama kita. Solo menjadi wadah budaya Nusantara. Kita lihat belakangan ini ada kegiatan yang berkaitan dengan seni budaya seperti kemarin Ogoh-ogoh, Imlek. Terus kami melihat Solo menjadi tempat yang memiliki kemungkinan segala bentuk kolaborasi kaitannya dengan seni dan budaya," tambah Nicolas Saputra.

Sementara itu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming menegaskan, seniman-seniman lokal dipastikan akan turut andil dalam pertunjukan seni budaya tersebut.

"Wes pasti seniman daerah pasti dilibatkan. Rencana gak sampai akhir tahun. Beliau belum pengen membocori, tapi beliau sudah milih lokasinya. Nanti dulu ya, belum bisa membocorkan rahasia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement