Kamis 23 Mar 2023 12:19 WIB

Selama Ramadhan, Masjid Kampus UGM Pastikan tak Undang Tokoh Berafiliasi Parpol

Maskam UGM berkomitmen tak membawa politik praktis ke dalam masjid.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Suasana Masjid Kampus UGM yang berlokasi di lingkungan UGM, Kabupaten Sleman, DIY, Kamis (16/3/2023).
Foto: Republika/Silvy Dian Setiawan
Suasana Masjid Kampus UGM yang berlokasi di lingkungan UGM, Kabupaten Sleman, DIY, Kamis (16/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Masjid Kampus (Maskam) Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Ramadhan Public Lecture selama Ramadhan 1444 Hijriyah. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Ketua Panitia Ramadhan Maskam UGM, Axel Milbarindra, menegaskan pihaknya tak akan mengundang tokoh politik yang berafiliasi dengan partai politik sebagai pembicara pada Ramadhan Public Lecture.

"Tahun ini kita sepakati bersama dengan pihak Rektorat, Masjid Kampus sendiri sekarang adalah part of UGM. Kalau dulu yayasan sekarang bagian dari UGM di bawah pimpinan Rektorat, sehingga kita selalu akan koordinasi secara teknis hal-hal terkait konseptual kegiatan segala macam. Sehingga kemarin Kita menyepakati untuk di tahun ini tidak lagi mengundang tokoh-tokoh yang berbau politik ya terutama yang berafiliasi dengan partai," kata Axel kepada Republika beberapa waktu lalu. 

Alasannya, kata Axel, tahun 2023 ini merupakan tahun politik mengingat awal tahun 2024 sudah digelar pemilihan umum. Maskam UGM tak ingin membawa politik praktis ke dalam masjid. "Di tahun depan awal sudah mulai pemilihan umum sehingga kita sepakat tidak membawa politik praktis ke dalam masjid lagi untuk tahun ini," ujarnya. 

Tahun ini Maskam UGM hanya akan mengundang sejumlah tokoh nasional dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju sebagai pembicara di Ramadhan Public Lecture. Beberapa tokoh menteri yang dijadwalkan menjadi pembicara dalam Ramadhan Public Lecture diantaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Ekonomi Sri Mulyani, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

 

Selain menteri, tokoh nasional yang juga dijadwalkan menjadi pembicara dalam Ramadhan Public Lecture kali ini antara lain Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo. 

Ramadhan Public Lecture telah digelar Masjid Kampus UGM sejak Rabu (22/3/2023). Ketua Takmir Maskam UGM Rizal Mustanyir menjadi pembicara pertama dengan materi berjudul 'Iman dan Realitas: Dari Takwa Individual Menuju Takwa Sosial'. 

Kegiatan Ramadhan Public Lecture digelar sebelum atau sesudah tarawih. Selain Ramadhan Public Lecture, Maskam UGM juga menggelar kegiatan Safari Ilmu Di Bulan Ramadan (SAMUDRA), serta Mimbar Subuh & Sahur Bersama.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement