Senin 10 Apr 2023 19:11 WIB

Tiga Klub Liga 1 Jadi Wakil Indonesia pada Kompetisi Asia 2023/2024

Thailand juga melakukan pertandingan play-off di internal mereka.

Logo BRI Liga 1
Foto: Sepak Pojok
Logo BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teka-teki peserta wakil Indonesia di kompetisi antar klub Asia musim 2023/2024 akhirnya terjawab sudah. Berdasarkan keputusan dari AFC yang sudah diinformasikan ke PSSI, ada tiga slot untuk klub Indonesia yang akan hadir di kompetisi elite klub-klub Asia tersebut.

Ketiga slot tersebut adalah play-off Liga Champions, babak penyisihan grup AFC Cup, dan play-off AFC Cup.

"PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC," jelas Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, dalam siaran pers Liga Indonesia Baru (LIB), Senin (10/4/2023).

Lebih lanjut Ferry menjelaskan dari informasi yang sudah disampaikan PSSI, untuk slot peserta di play-off babak Liga Champions akan diwakilkan pemenang play-off juara kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 yakni Bali United FC melawan juara kompetisi BRI Liga 1 2022/2023, PSM Makassar.  

 

Tim yang kalah dari babak play-off yang mempertandingkan Bali United versus PSM tersebut, lanjut Ferry, akan berhak tampil di babak penyisihan grup AFC Cup. "Tim yang kalah dari play-off, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup," ujarnya.

Khusus untuk slot ketiga atau yang berhak mewakili Indonesia di babak play-off AFC Cup, akan diikuti oleh klub yang pada BRI Liga 1 2022/2023 menduduki posisi peringkat kedua atau runner-up. "Tidak ada lagi play-off untuk slot yang ketiga. PSSI sudah menentukannya secara langsung," kata Ferry.

Sementara itu, terkait penetapan kriteria wakil di tiap negara di kuota slot yang ditentukan, AFC telah memberikan kebebasan penuh kepada federasi yang bersangkutan. Dalam hal ini, teknis pemilihan klub yang berhak mewakili satu negara, diserahkan pada masing-masing negara berdasarkan Entry Manual For AFC Club Competitions.

Sekadar informasi, Thailand pun melakukan hal yang sama. Untuk kuota klub-klub di kompetisi Asia musim 2023/2024, mereka juga melakukan pertandingan play-off di internalnya. "Jadi, dalam hal ini, apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti," kata Ferry.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement