Rabu 12 Apr 2023 08:37 WIB

ASN Pemkot Semarang Diingatkan tak Mudik Pakai Mobil Dinas

Bakal ada sanksi sesuai aturan terhadap pelanggaran atas larangan itu.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengingatkan jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkot agar tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hi, sebagaimana tahun lalu.

"Dilarang (Mobil dinas untuk mudik, red.)," kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti di Semarang. Menurutnya, larangan menggunakan mobil dinas untuk mudik tersebut sudah disampaikan pada rapat terpadu usai rapat koordinasi persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2023.

"Kemarin, setelah rapat Forkompinda, kami lanjutkan rapat bagaimana kesiapan menerima orang mudik, memfasilitasi orang yang melintas, ditandaskan juga mobil dinas," ungkapnya.

Larangan penggunaan mobil dinas untuk pulang kampung saat libur Lebaran, kata dia, masih sama seperti tahun lalu. "Jadi, sama seperti tahun lalu bahwa mobil dinas tidak dipakai (mudik, red.)," kata dia.

 

Mengenai pengawasan, Ita mengatakan pengawasan di zaman seperti sekarang ini bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk masyarakat.

Apalagi, kata dia, media sosial saat ini berkembang sedemikian pesat sehingga memudahkan juga dalam pengawasan jika terjadi pelanggaran atau penyimpangan, termasuk jika ada mobil dinas dipakai mudik.

"Kalau saya gampang, sekarang kan ada medsos. Dari netizen akan ketahuan kalau pakai (mobil dinas, red.)," jelasnya.

Ita memastikan akan ada penerapan sanksi sesuai aturan yang berlaku terhadap pelanggaran atas larangan menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran.

Namun, ia yakin jika ASN Pemkot Semarang akan menaati aturan tersebut, apalagi tahun lalu juga ada larangan menggunakan mobil dinas untuk mudik.

"Saya yakin temen-temen di sini enggak bandel. Sudah ngerti. Sekarang, era keterbukaan publik. Kita pun enggak tahu, orang lain tahu, lewat medsos. Makanya, harus hati-hati dalam melangkah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement