Sabtu 29 Apr 2023 17:55 WIB

Datang ke Solo, Sandiaga Uno Komentari Hubungannya Dengan PPP

Sandiaga menjelaskan bahwa politik itu harus luwes seperti menari.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Sandiaga Uno diarak saat di  acara Solo menari, Sabtu (29/4/2023).
Foto: Republika/Alfian
Sandiaga Uno diarak saat di acara Solo menari, Sabtu (29/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Usai keluar dari Partai Gerindra, Sandiaga Uno santer dikabarkan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut mengatakan bahwa sejauh ini belum ada komunikasi formal, khususnya dengan Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono.

"(Komunikasi dengan Mardiono?) Belum ada komunikasi formal. Sekarang lagi menari," katanya di sela acara pembukaan Solo Menari dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia di Kota Solo, Sabtu (29/4/2023).

"Komunikasi politik itu intensif tetapi komunikasi budaya jangan dilupakan karena menari itu adalah salah satu kearifan dan kelestarian budaya kita," katanya menambahkan. 

Sandiaga menjelaskan bahwa politik itu harus luwes seperti menari. Oleh sebab itu, ia meminta agar tidak tergesa-gesa dan tegang.

"Dalam politik ini kan juga menari harus jadi bagian daripada menghadirkan politik yang lestari, yang santun mengikuti proses ritual budaya. Jadi kita jangan terlalu tegang-tegang," katanya. 

Sebelumnya, Sandiaga resmi membuka acara Solo Menari dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia berlangsung meriah, Sabtu (29/4/2023). Seketika jalan Diponegoro tempat event tersebut berlangsung menjadi putih lantaran diisi oleh ratusan penari. 

Sandiaga yang ikut hadir di acara tersebut mengatakan bahwa Solo Menari bisa menjadi salah satu momentum untuk dunia seni tari. 

"Solo Menari 2023 merupakan momentum yang tepat untuk kita go international, bayangan saya dancing the public space ini akan menjadi event dunia yang akan dikunjungi oleh seluruh pelaku ekonomi kreatif khususnya seni pertunjukan tari," kata Sandiaga dalam sambutannya.

Sandiaga juga mengucapkan apresiasinya lantaran Solo menari telah masuk menjadi salah satu kharisma event Nusantara. "Kami mengucapkan selamat, kepada pelaku seni budaya ekonomi kreatif khususnya masyarakat Solo karena Solo Menari sudah terpilih menjadi Karisma Event Nusantara. Setelah melalui proses kurasi akhirnya, karya-karya maestro tari internasional dari Kota Solo menjadi destinasi seni pertunjukan yang baik sekaligus memperingati Hari Tari Dunia," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement