Jumat 05 May 2023 13:38 WIB

Masyarakat Surabaya Sambut Hangat Aksi Kowarteg Indonesia di Stasiun Pasar Turi

Mereka membagikan sarung tangan dan operasi makan gratis kepada puluhan ojol.

Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia di Jawa Timur lakukan gerakan berbagi ceria dengan memberikan sarung tangan dan operasi makan gratis kepada puluhan ojol yang mangkal di Stasiun Pasar Turi, Kota Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Dok. Web
Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia di Jawa Timur lakukan gerakan berbagi ceria dengan memberikan sarung tangan dan operasi makan gratis kepada puluhan ojol yang mangkal di Stasiun Pasar Turi, Kota Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia di Jawa Timur lakukan gerakan berbagi ceria dengan memberikan sarung tangan dan operasi makan gratis kepada puluhan ojol yang mangkal di Stasiun Pasar Turi, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Tak hanya ojol, Kowarteg Indonesia memberikan paket makanan siang kepada masyarakat dan para penjual di sekitaran wilayah tersebut.

Baca Juga

Koordinator Wilayah (Korwil) Kowarteg Indonesia di Jawa Timur Kiki Kurniawan mengaku kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari sejumlah masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

“Karena antusiasme masyarakat sangat tinggi, banyak dari masyarakat yang melintas campur berbaur mengikuti kegiatan kami. Alhamdullilah kami diapresiasi oleh mereka dan tampak bahagia dengan kehadiran kami," ujar Kiki, seperti dilansir pada Jumat (5/5/2023). 

Selain itu, pemberian sarung tangan diberikan, lanjut Kiki, agar para pengemudi ojol merasa lebih nyaman dan terlindungi saat berkendara.

"Kami memang sengaja untuk memberikan perlengkapan safety untuk para ojol berupa sarung tangan, agar mereka lebih nyaman dalam berkendara dan mengurangi efek sinar matahari, jadi bagian perlindungan mereka ketika di jalanan," lanjutnya.

Ke depan, Kowarteg Indonesia di Jawa Timur sudah mempersiapkan beberapa agenda lanjutan yang menyasar lebih banyak masyarakat terutama dari kalangan akar rumput.

"Kami akan berkunjung terus di beberapa wilayah di Jawa Timur dalam rangka melakukan silaturahmi," kata dia. 

Selama menjalani proses konsolidasi, Kowarteg Indonesia di Jawa Timur kerap mendengar keluhan dan masukan dari sejumlah masyarakat. 

Kiki mengaku siap menjadi jembatan aspirasi dan mengimplementasikan ke dalam program yang akan dieksekusinya bersama Kowarteg Indonesia.

"Mayoritas keluhan yang kami peroleh berada di sektor ekonomi, ya. Bagaimana sulitnya bahan baku, lapangan pekerjaan dan lain sebagainya. Itu yang jadi konsentrasi kami, bagaimana membantu mereka untuk memiliki harapan dan semangat dalam menjalani kehidupan," ungkapnya.

"Beberapa implementasi program sudah pernah kami lakukan, salah satunya kepada para petani di Bojonegoro pada saat itu. Di tengah sulitnya memperoleh pupuk bersubsidi, Kowarteg Indonesia hadir dengan memberikan bantuan terhadap para petani untuk agar para petani bisa memperoleh hasil pertanian yang optimal," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, mereka juga melakukan pendataan dan penyuluhan untuk dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

 

Bukan kali ini saja kelompok serupa melakukan bakti kemanusiaan. Sebelumnya Kowarteg Indonesia membagikan 1.000 porsi makanan kepada pengemudi ojek daring pada 10 lokasi di wilayah Jakarta Pusat.

"Kita berbagi bersama kepada kawan-kawan ojol, 1.000 paket nasi dan kaos," kata Koordinator Kowarteg Indonesia, Noehrozi.

Noehrozi menyebutkan  bantuan nasi bungkus tersebut dibagikan ke wilayah Bendungan Hilir, Tanah Abang, hingga Petamburan.

 

Diungkapkan Noehrozi, Kowarteg Indonesia merupakan wadah besar bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk berkolaborasi maju bersama dan sejahtera, demikian dilansir dari Antara

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement