Kamis 11 May 2023 18:49 WIB

Ini Pesan Gus Muwafiq untuk Ganjar Pranowo saat Syawalan di Kediamannya

Ganjar mengatakan, sowannya ke Gus Muwafiq dalam rangka syawalan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sowan ke kediaman Gus Muwafiq yang berada di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Foto: Dok. Web
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sowan ke kediaman Gus Muwafiq yang berada di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sowan ke kediaman Gus Muwafiq yang berada di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kehadiran Ganjar pada Kamis (11/5/2023) pagi, disambut langsung ulama dengan ciri khas rambut gondrong itu. Selain bersilaturahmi, keduanya pun mengaku sempat menyinggung persoalan politik dalam obrolannya.

Baca Juga

Gus Muwafiq juga menyampaikan pesan kepada Ganjar yang akan maju sebagai calon presiden 2024. "Ya pasti lah (ngobrol politik), wong beliau calon presiden. Tapi kan kalau politik urusan beliau, urusan ngaji kan urusan saya," ujar Gus Muwafiq di kediamannya.

Adapun pesan yang disampaikan Gus Muwafiq untuk Ganjar Pranowo, yakni ketika kelak terpilih menjadi Presiden 2024 untuk tidak melupakan dan meninggalkan rakyat.

 

"Jangan lupa rakyatnya begitu saya bilang. Bahwa semua akan kembali kepada rakyat, nah itu jangan dilupakan," pesan Gus Muwafiq ke Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, sowannya ke Gus Muwafiq dalam rangka syawalan. Ganjar menyebut, banyak pembahasan yang dibincangkan dengan Gus Muwafiq.

"Beliau selalu inspiratif, cerita tentang sosial kemasyarakatan, lucu-lucuan itu banyak," ucap Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga mengaku menyinggung persoalan politik dengan Gus Muwafiq. "Kalau sama beliau pasti (bahas politik)," kata Ganjar.

Selain itu, yang menarik dalam setiap sowan ke kediaman Gus Muwafiq adalah hidangan bebek klathak sebagai menu favorit Ganjar.

Ganjar mengaku, hanya bisa menyantap bebek klathak dengan rasa yang khas saat berkunjung ke kediaman Gus Muwafiq dan tidak ada di tempat lain.

"Kalau sowan beliau itu satu yang menarik, selalu ada suguhan bebek klathak. Ini ramuan istimewa, luar biasa dan dijamin tidak ada di tempat lain," kata Ganjar.

Untuk diketahui, pendaftaran bakal capres dan cawapres dijadwalkan pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), pasangan capres dan cawapres diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

 

Saat ini, ada 575 kursi di parlemen, sehingga pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement