Senin 22 May 2023 19:45 WIB

Inovasi MEDICO PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik Hajat Kenegaraan

Fasilitas ini dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
 Operasional fasilitas Mobile Electricity Distribution Command Post (MEDICO) atau Posko Siaga Keandalan Bergerak Terpadu yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, yang diimplementasikan oleh PLN dalam menjaga keandalan pasokan listrik.
Foto: Dokumen
Operasional fasilitas Mobile Electricity Distribution Command Post (MEDICO) atau Posko Siaga Keandalan Bergerak Terpadu yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, yang diimplementasikan oleh PLN dalam menjaga keandalan pasokan listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY terus berinovasi dalam mendukung keandalan pasokan listrik kepada masyarakat.

Yang terbaru, PLN UP2D Jateng dan DIY mengimplementasikan inovasi Mobile Electricity Distribution Command Post (MEDICO) atau Posko Siaga Keandalan Bergerak Terpadu yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY, A Bargowo Wahyu Jatmiko mengungkapkan, inovasi MEDICO memiliki fungsi sebagai pusat komando pemantauan sekaligus pengamanan pasokan energi listrik.

“Khususnya pada kegiatan kenegaraan VIP/VVIP atau penyelenggaraan kegiatan penting berskala nasional atau internasional lain,” tegasnya, di Semarang, Senin (22/5/2023).

Posko ini, jelas Wahyu, dilengkapi dengan perangkat tampilan antar muka (user interface) yang terhubung langsung dengan sistem jaringan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) milik PLN.

Sehingga memungkinkan untk mengontrol dan memonitoring secara real time kinerja peralatan yang dipasang oleh PLN serta untuk memastikan dan menjamin pasokan energi listrik tetap terjaga (andal) di lokasi acara.

Selain monitoring peralatan, posko bergerak ini juga dilengkapi  fasilitas Radio Over Internet Protocol (ROIP) dan Push to talk Over Cellullar (POC) untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pusat pengatur distribusi (Distribution Command Centre/DCC).

“Termasuk juga dengan petugas lapangan, manajemen, dan semua yang terlibat dalam kegiatan pengamanan pasokan energi listrik,” tambahnya.

Dalam inovasi ini, masih kata Wahyu, PLN berkolaborasi dengan PLN ICON+ untuk menyediakan jaringan data guna kebutuhan konektivitas melalui layanan Iconnet.

Di mana, jaringan PLN ICON+ memiliki ketersediaan layanan yang cukup luas, sehingga memungkinkan posko MEDICO dapat terpasang di manapun untuk mendukung kesuksesan acara- acara penting.

Sejauh ini, inovasi ini telah teruji dalam mendukung sejumlah acara penting kenegaraan serta berbagai momentum akbar yang membutuhkan keandalan pasokan listrik.

Antara lain Agriculture Deputies Meeting II, Yogyakarta 27 - 29 Juli 2022; G20 Culture Ministers Meeting (CMM) dan Borobudur, Kabupaten Magelang pada 11 - 17 September 2022; 11th Asean Paragames Solo 2022, pada 30 Juli - 6 Agustus 2022.

Selai itu juga Dream Theatre Concert Powered by PLN, Surakarta 10 Agustus 2022 dan Pernikahan Putra Presiden RI VVIP/VIP Yogyakarta - Surakarta 8 - 11 Desember 2022.

Sementara, kegunaan MEDICO antara lain untuk mengamankan pasokan energi listrik pada event yang didukung oleh PLN, mempercepat pemasangan posko siaga keandalan di lokasi acara sehingga prosedur siaga keandalan pasokan listrik akan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, Posko siaga ini dapat dipasang pada posisi yang lebih strategis karena dapat bergerak secara mobile, berada atau dekat dengan lokasi acara. Dengan begitu kian mempermudah koordinasi dan komunikasi dengan stakeholder PLN yang terlibat,” tambahnya.

Melalui posko MEDICO ini juga akan mampu mempertahankan kinerja dan reliability peralatan keandalan yang terpasang agar beroperasi secara realtime tanpa terputus, serta mempercepat penanganan kondisi anomali peralatan keandalan hingga terhindar dari terputusnya aliran listrik.

Insan Muda PLN tak henti mempersembahkan inovasi terbaru untuk memperkuat dan meningkatkan keandalan pelayanan kepada pelanggan dan khususnya kepada para tamu kenenegaraan.

“Terlebih, Indonesia sering diberikan amanah menjadi tuan rumah berbagai event tingkat internasional, setelah ditunjuknya Indonesia sebagai ketua ASEAN pada 2023 ini,” tegas Wahyu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement