Sabtu 27 May 2023 07:26 WIB

Inovasi Buah Naga Antar Tim Teknik Kimia UMP Juarai LKTI Nasional

Buah naga diinovasikan menjadi minuman serbuk.

Kampus UMP.
Foto: Dokumen.
Kampus UMP.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Prestasi membanggakan ditorehkan tim mahasiswa Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Mereka berhasil menyabet juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional dalam ajang Chemical Engineering Annual Competition (CheACo) berkat inovasi buah naga.

Tim mahasiswa yang diketuai Henti Yulianti itu beranggotakan Dimas Dwisardi Putra dan Rita Kusuma Wulandari. CheACo merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UMP dan pada 2023 sedikitnya diikuti 29 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Acara Grand Final CheACo yang meloloskan lima tim terbaik itu dilaksanakan di Aula Badi Nguzaman Lantai 5 Fakultas Teknis dan Sains UMP. Ketua tim mahasiswa Teknik Kimia UMP, Heni Yulianti mengaku telah melakukan berbagai persiapan bersama rekan-rekannya, karena terdapat banyak tahapan perlombaan yang harus dilalui sebelum sampai pada babak puncak.

"Lomba diawali dengan seleksi abstrak, dilanjutkan tahap fullpaper, lalu finalnya presentasi dan sesi tanya jawab dengan dewan juri. Tentu kami selalu mengusahakan yang terbaik, seperti belajar memahami materi penelitian, berdoa, dan meminta restu pada orang-orang terdekat," katanya.

Tim di bawah bimbingan dosen Teknik Kimia UMP Alwani Hamad itu mengambil judul penelitian Penggunaan Variasi Jenis dan Konsentrasi Foaming Agent pada Aplikasi Foam Mat Drying dalam Pembuatan Serbuk Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus).

"Jadi penelitian ini salah satunya bisa bermanfaat untuk memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat bahwa buah naga bisa kita inovasi, yakni salah satunya menjadi minuman serbuk melalui proses foam mat drying," jelasnya.

Heni mengaku sangat senang dan bangga lantaran secara tidak langsung mampu membawa nama baik prodi beserta dosen pembimbing juga kampusnya. Sehingga menjadi dikenal secara lebih luas melalui prestasi yang berhasil ditorehkan bersama dua rekannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement