Jumat 16 Jun 2023 20:11 WIB

Bengawan Solo Tercemar Limbah Alkohol, Pengolahan Air PDAM Sempat Disetop

Sejak pagi air sungai sudah terlihat cokelat kehitaman.

Warga memancing ikan di Sungai Bengawan Solo yang tercemar limbah alkohol (ilustrasi)
Foto: Antara/Maulana Surya
Warga memancing ikan di Sungai Bengawan Solo yang tercemar limbah alkohol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Toya Wening Solo, Jawa Tengah sempat menghentikan pengolahan air akibat limbah yang mencemari Sungai Bengawan Solo sejak Jumat (16/6/2023) pagi.

 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi PDAM Surakarta, Bayu Tunggul mengatakan operasional pengolahan air sempat terhenti dari pukul 06.00-15.00 WIB. "Saat ini sudah operasional lagi, mudah-mudahan stabil," katanya.

 

Terkait hal itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Apalagi dalam beberapa pekan terakhir juga terjadi 'pladu', di mana ikan di Sungai Bengawan Solo mabuk sehingga muncul di permukaan akibat tercemar limbah.

"Artinya, limbah di Mojolaban belum tertangani. Limbahnya dari UMKM alkohol," ujarnya.

 

Terkait hal itu, ia berharap agar DLH Sukoharjo dan DLH Provinsi Jawa Tengah dapat segera bertindak mengingat sumber air dari Bengawan Solo menyangkut hajat hidup orang banyak. "Produksi kami kan 80-90 liter per detik," kata Bayu Tunggul.

Sementara itu, Supervisor Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi, Mulyono mengatakan sejak pukul 06.00 WIB air di sungai sudah terlihat cokelat kehitaman. "Hampir masuk ke sedapan air baku kami, sehingga pukul 06.00 WIB pompa kami matikan," ungkap dia.

 

Ia mengatakan kejadian tersebut terjadi hampir setiap tahun terutama pada musim kemarau.

 

"Tiap tahun langganan, pas kemarau pasti ada pencemaran. Kemungkinan besar dari anak sungai Kali Samin. Kalau nggak salah di sana limbah alkohol," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement