Ahad 25 Jun 2023 16:34 WIB

Sedimentasi Tinggi, Daya Tampung Bendungan Sengguruh Malang Turun Drastis

Setiap tahun, Sengguruh menerima sedimen mencapai dua juta meter kubik.

Lembaga Ecoton Indonesia menemukan timbunan sampah di Bendungan Sengguruh, Kabupaten Malang.
Foto: Ecoton
Lembaga Ecoton Indonesia menemukan timbunan sampah di Bendungan Sengguruh, Kabupaten Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perum Jasa Tirta (PJT) I memperpanjang flushing Waduk Sengguruh di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, hingga 28 Juni 2023 karena adanya kerusakan pada trashrack intake.

"Jadi memang flushing Sengguruh awalnya dijadwalkan selama lima hari yakni 19-23 Juni 2023. Dikarenakan adanya kerusakan pada trashrack intake PLTA Sengguruh yang memerlukan waktu lebih untuk perbaikan, sehingga kegiatan ini (flushing) diperpanjang hingga 28 Juni 2023," kata Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi, Ahad (25/6/2023).

Milfan memaparkan kegiatan flushing dilakukan untuk mengurangi sedimen yang ada di Waduk Sengguruh. "Tentunya flushing ini sangat diperlukan untuk menjaga bendungan agar tetap berfungsi dengan baik. Ini sudah keempat kalinya sejak pertama dilakukan 2016 lalu," ujarnya.

Flushing Sengguruh merupakan salah satu bentuk implementasi penggunaan Biaya Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (BJPSDA) kepada pemanfaat, salah satunya PT PLN Nusantara Power.

Milfan mengungkapkan, kondisi sedimen di Sengguruh sudah mendekati intake PLTA sehingga perlu dilakukan penggelontoran sebagai langkah penanganan untuk mencegah sedimen agar tidak masuk ke turbin.

Flushing, lanjut dia, juga untuk membersihkan sampah di area trashrack PLTA Sengguruh yang juga berpotensi mengganggu operasional PLTA. Selain itu, terdapat tiga unit sand flushing PLTA yang tidak bisa beroperasi sehingga pada saat penggelotoran waduk bisa perlu dilakukan inspeksi untuk tindakan perbaikan.

Kepala Divisi Jasa ASA I Perum Jasa Tirta I, Herwaman Cahyono Nugroho menambahkan, untuk untuk mengimbangi banyaknya sedimen yang masuk ke waduk tidak cukup jika hanya melakukan pengerukan menggunakan kapal keruk.

"Flushing ini cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan kapasitas tampung Waduk Sengguruh sebagai tampungan pertama dari sistem Sungai Brantas," ujarnya.

Hermawan belum dapat menyampaikan data berapa jumlah sedimen yang telah digelontorkan. "Sekarang masih kasat mata saja namun hitungan pasti untuk daya tampungnya akan dilakukan pengukuran echosounding lebih dulu oleh tim dari kantor pusat (PJT I) selepas 28 Juni 2023," ujarnya.

Hermawan menyampaikan, daya tampung Bendungan Sengguruh telah menurun drastis dari kapasitas di awal pembangunannya di 1989 sebesar 21,5 juta meter kubik namun saat ini menurun sampai hampir 1,12 juta meter kubik.

Sengguruh menerima sedimen dengan jumlah yang cukup tinggi setiap tahunnya mencapai dua juta meter kubik berdasarkan hasil studi terbaru yang dilakukan perusahaan.

Untuk mengurangi sedimen, ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan sempadan serta untuk menjaga lingkungan.

"Bendungan Sengguruh menjadi salah satu penopang dalam sistem Sungai Brantas dan semoga hal ini menjadi kepedulian kita bersama," ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan flushing telah diawali dengan sosialisasi pada instansi terkait seperti TNI, Polri dan masyarakat sekitar, termasuk pemberitahuan pada bupati Malang.

Kegiatan sosialisasi pada masyarakat juga dilakukan untuk mengamankan agar tidak ada warga yang mendekat dan beraktivitas di hilir bendungan saat kegiatan flushing.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement