Selasa 27 Jun 2023 18:03 WIB

Pengunjung Tebing Breksi Diprediksi Melonjak Pada Sabtu dan Ahad

Jumlah wisatawan lokal menjelang liburan turun 30 persen dibanding tahun lalu.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Wisatawan berfoto di atas jeep wisata di Tebing Breksi, Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY beberapa waktu lalu.
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Wisatawan berfoto di atas jeep wisata di Tebing Breksi, Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Sleman mulai siap menyambut wisatawan pada libur Idul Adha 2023. Salah satunya destinasi wisata Tebing Breksi di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman.

Ketua Pengelola Tebing Breksi Kholiq Widiyanto, memprediksi wisatawan Tebing Breksi akan meningkat pada akhir pekan ini.

Baca Juga

"Kita prediksi nanti kunjungan tinggi di hari Sabtu-Minggu," kata Kholiq kepada Republika, Selasa (27/6/2023).

Kholiq menyatakan pengelola wisata Tebing Breksi memang tidak menargetkan berapa wisatawan yang mengunjungi Tebing Breksi pada libur panjang kali ini. Berdasarkan data yang ada, jumlah wisatawan lokal menjelang liburan Idul Adha kali ini turun 30 persen dibandingkan tahun lalu. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara justru mengalami kenaikan 61,5 persen.

"Peningkatan anak sekolah 150 persen biasanya 800-an pengunjung menjadi 2 ribuan pengunjung per hari," ucapnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid mengatakan jumlah wisatawan di Kabupaten Sleman pada  masa libur panjang Idul Adha kali ini diyakini mengalami peningkatan. Peningkatan wisatawan dikatakan Ishadi ada di sejumlah lokasi wisata seperti Kaliurang dan Tebing Breksi. 

"Kami optimistis destinasi wisata ramai dikunjungi wisatawan di libur Idul Adha ini," kata Ishadi kepada Republika, Selasa (27/6/2023)

Ishadi mengatakan target wisatawan ke Kabupaten Sleman pada libur long weekend kali ini yakni 100-150 ribu pengunjung. Ia mengatakan libur Idul Adha kali ini berbeda dengan libur Idul Adha tahun lalu yang hanya dua hari, sehingga ia optimistis target tersebut bisa tercapai mengingat libur Idul Adha tahun ini berbarengan dengan libur sekolah.

"Lima hari liburnya berbarengan libur sekolah, lebih banyak dibanding tahun lalu," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement