Rabu 05 Jul 2023 06:36 WIB

UMY Career Fair 2023 Jadi Solusi Keterserapan Tenaga Kerja di Bantul

Kegiatan diikuti 26 perusahaan dan institusi dengan 762 peserta.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Para pencari kerja memadati job fair pameran kesempatan kerja (ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Para pencari kerja memadati job fair pameran kesempatan kerja (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kurangnya keterserapan tenaga kerja menjadi permasalahan yang krusial, terutama di Kabupaten Bantul, DIY. Hadirnya acara seperti job fair atau career fair menjadi solusi guna mengatasi permasalahan tersebut.

Berdasarkan data statistik ketenagakerjaan Badan Pusat Statistik Bantul, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di wilayah setempat per Agustus 2022 menyentuh 4,02 persen. Per Februari 2023 angka tersebut membaik 0,12 persen menjadi 3,97 persen.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul Istirul Widilastuti dalam UMY Career Fair 2023. Acara ini berlangsung di lantai dasar Masjid KH Ahmad Dahlan UMY.

“Dengan hadirnya job fair seperti acara UMY Career Fair 2023 ini, dapat menjadi faktor pendukung penurunan angka pengangguran di Bantul yang nyata. Harapan kami, meskipun step by step, kita bisa menurunkan angka pengangguran yang ada. Acara ini juga merupakan wujud sinergitas kita semua dalam pengimplementasian visi misi Kabupaten Bantul yang mengutamakan keterserapan tenaga kerja,” ujar Istirul.

Istirul juga berharap melalui momentum job fair (UMY Career Fair 2023), dapat menjadi pemicu para pencari kerja untuk mendapatkan kerja. “Khusus kepada pencari kerja, manfaatkan momentum ini untuk dapat memperoleh pekerjaan dan mencapai cita-cita. Selalu gali potensi diri sendiri untuk mengikuti perkembangan zaman,” tambahnya.

Diikuti oleh 26 perusahaan dan institusi dengan pendaftar sebanyak 762 peserta, UMY Career Fair 2023 hadir untuk menjaring calon tenaga kerja yang mencari pekerjaan. Acara ini diselenggarakan selama dua hari dengan target 1.000 pengunjung.

Dengan mengutamakan alumni dan mahasiswa UMY sebagai peserta. Dari 762 peserta, 83 persen dari UMY dan 17 persen dari kampus sekitar UMY. Dengan rincian, 71 persen berstatus alumni dan 29 persen berstatus mahasiswa aktif.

Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto, dalam sambutannya menyampaikan, UMY Career Fair 2023 hadir untuk mahasiswa dan alumni UMY yang berniat untuk mencari pekerjaan, melakukan program magang hingga melanjutkan studi lanjutnya.

"UMY Career Fair 2023 ini dilaksanakan sebagai wujud kewajiban UMY untuk memberikan hal-hal yang bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa. Tidak hanya mahasiswa, sebagai lulusan UMY, alumni pun tetap berhak untuk mendapatkan manfaat dari UMY Career Fair 2023 ini,” jelas Gunawan.

UMY Career Fair 2023 diselenggarakan oleh Career Development Center (CDC) UMY dengan arahan dari Kepala Divisi CDC UMY, Puthut Ardianto. Dalam sambutannya, ia menyampaikan kolaborasi dari 26 perusahaan dan institusi pada UMY Career Fair 2023 akan menjadi awal untuk kerja sama lainnya ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement