Rabu 12 Jul 2023 15:20 WIB

Pakar Bagikan Sejumlah Saran bagi Orang yang Ingin Pensiun Dini

Pensiun dini sebenarnya dapat dilakukan jika seseorang sudah memiliki passive income.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Dana pensiun (ilustrasi).
Foto: ist
Dana pensiun (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pensiun dini menjadi hal yang marak dilakukan oleh para pekerja saat ini. Alasannya beragam, mulai keinginan untuk berwirausaha, kondisi kesehatan tertentu, kebebasan hingga waktu berkualitas dengan keluarga. 

Meskipun menjadi sebuah tren di masyarakat, Dosen Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Widhiyo Sudiyono mengatakan, tidak semua pensiun dini terjadi karena keinginan pekerja itu sendiri. Beberapa pekerja diberi penawaran oleh perusahaan pensiun dini untuk mengurangi karyawan pada perusahaan tersebut.

"Misalnya dengan memberi iming-iming pesangon berkali-kali lipat daripada gajinya," katanya.

Menurut dia, pensiun dini sebenarnya dapat dilakukan jika seseorang sudah memiliki passive income dalam bentuk investasi atau tabungan yang dapat mencukupi kehidupannya hingga masa tua. Selain itu, pekerja juga bisa memiliki usaha agar uang pesangon dari perusahaan dapat diputar untuk kehidupan sehari-hari.

Ia menyarankan bagi para pekerja yang ingin pensiun dini untuk menggunakan metode investasi dollar cost averaging (DCA), mempunyai usaha di area rumahnya, atau menabung di bank," kataya.

Ia menambahkan, DCA adalah upaya menyisihkan jumlah pendapatan tertentu secara tetap setiap bulannya untuk diinvestasikan. Jadi misalkan gajinya masih kecil, mungkin skema yang digunakan adalah 70-20-10. Hal ini berarti 70 persen untuk kebutuhan hidup, 20 persen untuk keinginan dan 10 persenuntuk investasi. 

“Dengan metode investasi DCA ini, kita menyisihkan dana untuk bernvestasi dengan nominal dana tetap setiap bulannya, misalnya 1 juta per bulan. Lalu misalnya kita putuskan untuk berinvestasi di saham Bank BRI (Kode Saham BBRI). Setiap bulan dana 1 juta tersebut kita investasikan ke saham BBRI tidak peduli saat itu harga saham sedang naik atau turun. Ini bisa menjadi bekal di masa tua nanti,” ucapnya.

Meskipun banyak kelebihan dari pensiun dini, hal ini harus tetap dilakukan penuh pertimbangan. Pensiun dini juga memiliki kekurangan, salah satunya kenyataan bahwa dunia usaha perlu kerja keras dan penuh ketidakpastian. Jika tak pandai menyesuaikan diri, seseorang bisa sangat rentan dan beresiko untuk gagal.

Ia menyarankan masyarakat agar tidak pensiun dini sebelum usaha yang dibangun berjalan stabil dan mapan. Masyarakat lebih baik mengupayakan sampai punya tujuh pemasukan dari tempat berbeda. Salah satunya bisa dari tetap bekerja, dan sisa enamnya adalah usaha.

Terakhir, ia menyarankan persiapan lebih awal bagi individu yang masih berada di usia produktif dan dan ingin pensiun dini suatu saat nanti. Salah satunya dengan mengupayakan total pengeluaran jauh di bawah total dari passive income. Passive Income adalah pendapatan yang kita dapatkan tanpa bekerja dan idealnya jika sudah meninggal, pendapatan ini tetap terus mengalir bagi anak dan cucu.

Rumusnya memang sangat sederhana, namun pelaksanaannya sangat sulit. Untuk teman- teman pelajar, diharapkan mulai terus belajar tentang investasi dan berwirausaha. Ilmu berwirausaha ini juga sangat berguna di dunia kerja, karena hampir semua bidang butuh sudut pandang wirausaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement