Jumat 04 Aug 2023 08:12 WIB

Kecelakaan Maut Mercy di Ring Road Yogyakarta, Ombudsman Minta Klarifikasi BPTD

ORI DIY juga akan menggali keterangan terkait dengan standar penerangannya.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Kecelakaan Maut (ilustrasi)
Foto:

Lampu Penerangan Jalan tak Prima

Selain itu, ORI DIY juga akan menggali keterangan terkait dengan standar penerangannya seperti apa. Sebelumnya ORI juga pernah menerima laporan terkait lampu penerangan jalan di Ring Road yang tidak prima, kemudian ORI DIY menindaklanjuti laporan tersebut dengan mengkonfirmasi via telepon ke Balai Besar Pengelola Transportasi Darat. Dalam waktu tiga hari kemudian dibenahi.

"Kami juga temukan kemarin ketika kami kroscek lapangan beberapa lampu juga nyala di siang hari, asumsi kami berarti kemungkinan lampunya juga error harusnya nyalanya sore sampai pagi tapi nyalanya malah pagi sampai sore," ungkapnya.

Ia berharap setelah pemeriksaan dilakukan, Balai Besar Pengelola Jalan Nasional (PJN) Jateng-DIY bertanggung jawab terkait sarana dan prasarana di jalan nasional. Dalam waktu dekat Ombudsman akan mengumpulkan para stakeholder yang berkaitan dengan pengelolaan pemeliharaan jalan tersebut antara lain seperti Balai Besar PJN Jateng-DIY, kepolisian, dan dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, dan sejumlah dinas lainnya. 

"Termasuk juga PLN selaku penyedia energinya, karena dalam hal ini kan tentu saja masyarakat atau publik punya hak untuk mendapatkan layanan terutama untuk penerangan jalan itu untuk faktor keamanan dan keselamatan," ucap Bagus. 

Temuan ORI sebelumnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement