Selasa 08 Aug 2023 12:45 WIB

Resmi Ditutup, Bantul Creative Expo Raih Omzet Rp 2,46 Miliar

Nilai ini naik 146,3 persen dibandingkan 2022.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
  Bantul Creative Expo 2023 resmi ditutup oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih.
Foto: Dokumen
Bantul Creative Expo 2023 resmi ditutup oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Penyelenggaraan event Bantul Creative Expo 2023 yang ditutup pada Ahad (6/8/2023) di Pasar Seni dan Wisata Gabusan, meraih omzet sebanyak Rp 2,46 miliar.

Berlangsung selama 11 hari, penyelenggaraan Bantul Creative Expo telah memberikan sarana promosi produk-produk UMKM dan IKM Bantul serta meningkatkan daya saing UMKM untuk selalu kreatif dan inovatif.

"Bantul Creative Expo merupakan salah satu wujud upaya Pemerintah Kabupaten Bantul dalam melindungi, memberdayakan dan memajukan produk UMKM dengan pendayagunaan potensi lokal untuk peningkatan kreativitas, inovasi, dan promosi bagi tingkat regional, nasional, maupun internasional," ujar Kepala DKUKMPP, Agus Sulistiyana, Selasa (8/8/2023).

Dalam rangka meningkatkan UKM untuk naik kelas, dilaksanakan juga seminar tentang membangun kesehatan finansial dalam digitalisasi UMKM. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memajukan dan memperkuat UMKM di wilayah Bantul.

Program ini juga selaras dengan arahan bupati Bantul yang berkaitan dengan transformasi digital di wilayah setempat. Sementara itu, dalam laporannya, Agus Sulistiyana juga menyampaikan, berdasarkan data yang diperoleh selama kegiatan Bantul Creative Expo 2023, total pengunjung sejumlah 128.972 orang.

Dari jumlah tersebut, sebagian pengunjung merupakan WNA dari India, Eropa, dan Amerika. "Untuk omzet, tahun ini Bantul Creative Expo berhasil meraup Rp 2,46 miliar," ujar Agus dalam laporannya.

Omzet tersebut terdiri dari Rp 435.142.000 dari UMKM binaan OPD, serta dari 192 UKM stan swasta terdapat transaksi sebesar 1,66 miliar, serta stan UMKM asli Pasar Seni Gabusan sebesar Rp 371.800.000. Sedangkan transaksi pesanan sebesar Rp 52.69.000.

Nilai ini naik 146,3 persen dibandingkan 2022. Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan serta dalam menyukseskan Bantul Creative Expo 2023.

Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat, terutama bagi para pelaku UMKM. "Semoga kehadiran Bantul Creative Expo dapat mendorong dan memfasilitasi para UMKM untuk lebih bangkit menuju kesejahteraan yang lebih baik. Sampai berjumpa kembali dengan Bantul Creative Expo di tahun-tahun mendatang, dengan tampilan dan fasilitas yang lebih baik, lebih sempurna, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bantul,” kata Halim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement