Senin 14 Aug 2023 21:04 WIB

Unissula Peringkat 56 Perguruan Tinggi Islam Top Dunia Versi UniRank

Saat ini, Unissula juga telah terakreditasi institusi Unggul dari BAN PT.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
foto ilustrasi: Salah satu gedung di sudut kampus Unissula Semarang
Foto: Unissula
foto ilustrasi: Salah satu gedung di sudut kampus Unissula Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang masuk jajaran Universitas Islam terkemuka dunia versi UniRank 2023.

Hal ini terungkap setelah lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi 4 International College and Universities (4ICU) UniRank kembali merilis daftar peringkat perguruan tinggi Islam terbaik di dunia.

Melansir dari situs resmi UniRank 2023, ada 417 perguruan tinggi Islam di dunia yang masuk dalam perangkingan yang dirilis Agustus 2023 ini.

UniRank merupakan sebuah lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan website yang dimilikinya.

Lembaga pemeringkatan yang berpusat di Australia tersebut menggunakan tiga kriteria untuk menentukan kategori perguruan tinggi terbaik.

Yakni telah diakui atau diakreditasi oleh lembaga pendidikan tinggi yang sesuai, perguruan tinggi menawarkan setidaknya gelar sarjana selama empat tahun atau pascasarjana (gelar master atau doktoral).

Kriteria berikutnya memberikan kursus dengan sebagian besar format pendidikan adalah tradisional atau tatap muka, juga jarak jauh atau online.

“Berdasarkan kategori itu, Unissula Semarang masuk peringkat 56 versi Top Islamic Universities and Colleges in the world 2023 UniRank,” kata Kepala UPT Pemasaran dan Kehumasan Unissula, Setiawan Widiyoko di Semarang, Senin (14/8/2023).

Setiawan juga menyampaikan, lima universitas terbaik versi UniRank secara berurutan yakni Cairo University, Universiti Islam Antarbangsa Malaysia, Shahid Behesti Universiti Medical Sciences, Um Al Quro University, dan Jordan University of Science and Technology.

Sebelumnya, Unissula telah lebih 61 tahun berkiprah di dunia pendidikan tinggi. Universitas ini didirikan oleh YBWSA pada 20 Mei 1962.

Saat ini, Unissula telah terakreditasi institusi Unggul dari BAN PT, terakreditasi internasional dari ASIC yang berbasis di Inggris, dan terakreditasi dari Abest21 yang berbasis di negara Jepang.

“Unissula juga masuk 10 besar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi Webometrics yang berbasis di Spanyol pada Juli 2023,” jelas Setiawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement