Senin 21 Aug 2023 18:32 WIB

Panitia Mundur, Kegiatan PKKMB UNS Tetap Berlangsung

Rektor UNS berharap PKKMB dapat menciptakan kesempatan bagus untuk mengukir prestasi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Mahasiswa di pintu gerbang Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Solo, Jawa Tengah.
Foto: Dok UNS
Mahasiswa di pintu gerbang Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengundurkan diri. Kendati demikian PKKM tetap berlangsung dari 21 hingga 23 Agustus 2023.

"Jadi teman-teman mahasiswa yang menjadi panitia sifatnya hanya support system, artinya kepanitiaan sudah terbentuk dari dosen dan tenaga pendidik dan masing-masing fakultas" kata Ketua Panitia PKKMB, Rony Syaifullah, Senin (21/8/2023).

Rony juga mengaku pihaknya mendengar kabar panitia PKKMB pusat juga mengundurkan diri. Namun, mekanisme setelah pihaknya mundur telah disiapkan. 

"Kemarin memang ada teman-teman dari mahasiswa pusat mengundurkan diri, tapi secara mekanisme kami sudah siapkan di fakultas masing-masing. Skemanya kegiatan memang basisnya di fakultas masing-masing tapi secara sentral materinya di auditorium," katanya. 

Pihaknya juga menjelaskan pimpinan UNS telah meniadakan panitia generasi UNS yang bertugas sebagai panitia student vaganza dan rekor MURI. Alasannya adalah agar mahasiswa dapat fokus masuk pada tanggal 28 Agustus. Ia menegaskan panitia yang mundur bukanlah panitia inti.

"Nah, untuk tahun ini kebijakan pimpinan ditiadakan, dan fokus pada kegiatan PKKMB. Akan fokus di fakultas dan prodi jadi hanya fokus di sana," katanya.  "Jadi yang mundur itu bukan panitia yang sifatnya inti pelaksana ini," katanya menambahkan. 

Di sisi lain, Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan harapannya PKKMB dapat menciptakan kesempatan yang bagus untuk mengukir prestasi di kemudian hari. "Ini adalah kesempatan emas untuk meraih, merajut masa depan bagi anak bangsa. Kami siapkan sebagai pemimpin bangsa, untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi di UNS," katanya. 

Selain itu, pihaknya juga mengatakan ada 10.291 mahasiswa baru yang mengikuti pelaksana PKKMB pertama tersebut. Ia juga mengatakan PKKMB sendiri digelar dari tingkat universitas hingga prodi. 

"Hari ini di level universitas, tanggal 22 Agustus di level fakultas, dan tanggal 23 Agustus di level program studi," katanya mengakhiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement