Selasa 22 Aug 2023 11:52 WIB

Dugaan Keracunan Mahasiswa UPN, Polda DIY Masih Lakukan Komunikasi dengan Penyelenggara

Diduga proses memasaknya terlalu pagi sehingga makanan jadi tidak layak dikonsumsi.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Kampus UPN Veteran Yogyakarta.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Kampus UPN Veteran Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Puluhan mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta diduga mengalami keracunan usai santap siang pada kegiatan outbound Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) pada Jumat (18/8/2023). Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan menegaskan bahwa kepolisian tidak mengambil tindakan hukum terkait peristiwa tersebut. 

"Tidak ada (tindakan)," kata Suwondo di Sleman, Senin (21/8/2023). 

Baca Juga

Suwondo mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih dalam proses komunikasi dengan penyelenggara. Diduga proses memasaknya terlalu pagi sehingga makanan menjadi tidak layak dikonsumsi.

"Karena mungkin masaknya kepagian karena mau ada acara ini, jadi kita nggak bisa selama tidak punya data ada informasi lain, maka kita melihat itu sebuah kegiatan yang perlu diperbaiki," ucapnya.

Ia berharap pihak kampus untuk memperhatikan kualitas makanan yang akan diberikan kepada mahasiswa. 

Sebelumnya diberitakan bahwa puluhan mahasiswa dilarikan ke RSUP Sardjito lantaran diduga mengalami keracunan. Kepala bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, mengatakan belasan mahasiswa tersebut mengalami gejala yang beragam. Mulai dari mual, nyeri perut, pusing, hingga diare. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement