Selasa 29 Aug 2023 21:05 WIB

Polsek Umbulharjo Giatkan Patroli Antisipasi Tawuran Pelajar Usai Sekolah

Patroli dilakukan hingga ke lokasi-lokasi sering ditemukannya para remaja berkumpul.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Tawuran remaja (ilustrasi).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Tawuran remaja (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Polsek Umbulharjo, Polresta Yogyakarta menggiatkan patroli di sekolah-sekolah, utamanya ketika jam pulang sekolah. Patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antar pelajar.

Pasalnya, tawuran antar pelajar ini seringkali terjadi usai pulang sekolah. "Patroli dilaksanakan pada jam kepulangan anak sekolah untuk meminimalisir tawuran antar pelajar," kata Kapolsek Umbulharjo, Kompol Yayan Dewayanto, Selasa (29/8/2023).

Pihaknya juga mengimbau pelajar untuk pulang ke rumah setelah jam pulang sekolah guna menghindari aktivitas-aktivitas yang mengarah kepada tawuran. Yayan menyebut bahwa edukasi kepada pelajar juga dilakukan untuk tidak melakukan aksi-aksi kekerasan.

"Petugas juga mengimbau agar para pelajar langsung pulang ke rumah dan dilarang nongkrong di warung pinggir jalan. Hal ini untuk mencegah terjadinya tawuran antar pelajar," ujar Yayan.

Patroli tersebut dilakukan secara rutin di sekolah-sekolah. Termasuk patroli pada malam hingga dini hari juga dilakukan untuk mencegah kejahatan jalanan.

Pasalnya, kejahatan jalanan yang terjadi di Kota Yogyakarta juga seringkali melibatkan anak usia sekolah. Patroli yang dilakukan hingga ke lokasi-lokasi sering ditemukannya remaja-remaja berkumpul.

"Patroli ini harus dilakukan secara rutin di sekolah-sekolah atau tempat-tempat yang sering dipakai anak sekolah nongkrong," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement