Ahad 01 Oct 2023 00:53 WIB

Pelaku Penggelapan Mobil Rental Dibekuk Aparat di Banguntapan Bantul

Diduga pelaku tidak beraksi sendirian dan memiliki komplotan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Pengungkapan kasus penggelapan mobil rental di Bantul.
Foto: Dokumen
Pengungkapan kasus penggelapan mobil rental di Bantul.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Polres Bantul menangkap SN (33 tahun), pelaku penggelapan mobil rental di wilayah Kapanewon Banguntapan. Warga Prambanan, Sleman itu, diduga menggadaikan dua unit mobil yang direntalnya.

Kapolsek Banguntapan, Kompol Irwiantoro menerangkan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (8/6/2023). Modusnya pelaku datang ke korban untuk berpura-pura merental mobil. Lalu mobil yang dirental itu tidak dikembalikan sesuai batas waktu yang ditentukan.

"Setelah waktu yang dijanjikan, kendaraan tidak dikembalikan. Ternyata kendaraan sudah dipindah tangan ke orang lain," ungkapnya.

Pelaku diduga tidak beraksi sendirian dan memiliki komplotan. Ia berkomplot dengan seseorang berinisial YP untuk merental mobil tersebut.

"Jadi modusnya sengaja menyiapkan dana untuk rental. Setelah terjadi transaksi, kemudian kendaraan dilarikan dan digadaikan ke pihak yang lain," jelas dia.

Kedua mobil tersebut lalu digadaikan di daerah Prambanan, Sleman, dengan harga Rp 40 juta per unitnya. "Tersangka SN hanya mendapat bagian Rp 300 ribu per unitnya dari YP karena ada utang piutang di antara mereka," ujarnya.

Setelah dilaporkan, polisi akhirnya berhasil mengamankan SN. Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit mobil Toyota Avanza tahun 2022 dan satu unit mobil Toyota Innova tahun 2017. “Saat ini kami masih memburu rekan pelaku berinisial YP,” jelas dia.

Pelaku akan dijerat pasal 372 KUHP tentang penggelapan. Ancaman hukumannya penjara selama-lamanya empat tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement