Selasa 03 Oct 2023 05:01 WIB

Mahasiswa FIK UMS Borong Medali di Ajang Indonesia Inventors Day 2023

Kekompakan tim sangat mempengaruhi dalam mendapatkan prestasi kejuaraan.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Tim Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Solo (UMS).
Foto: Dokumen
Tim Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Solo (UMS).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tim Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) kembali memborong kejuaraan pada ajang Indonesia Inventors Day (IID) 2023 sebagai bagian World Invention Technology Expo (WINTEX).

Indonesia Inventors Day merupakan ajang tahunan tingkat Internasional yang mempertemukan para inventor dan inovator dari berbagai negara. Pada kesempatan itu, UMS berhasil memperoleh satu Gold Medal, dua Silver Medal, dan satu Bronze Medal.

Salah satu penerima medali emas, Saminur Fauzan mengungkapkan, pada perlombaan ini Tim UMS lebih matang dalam persiapan. “Salah satu produk ada yang sudah kita lombakan di Malaysia sebelumnya, sehingga pada perlombaan ini kami sudah perbaiki, menggunakan formula terbaru, lebih tahan lama, lebih banyak variatifnya, dan sudah kita ajukan hak patennya,” ungkap Fauzan, Senin (2/10/2023).

Menurutnya, selama perlombaan banyak kemudahan dari Allah SWT mulai dari pemberangkatan hingga kembali lagi ke UMS. Selain itu, banyak bantuan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bali, rektor, wakil dekan UMS, dan banyak pihak lainnya.

 

Alhamdulillah selama penjurian dan perlombaan didatangi dari dalam negeri maupun luar negeri, seperti dari Vietnam, Thailand, dan lain sebagainya,” tambahnya.

Menurutnya, produk yang ditawarkan Tim FIK UMS mendapatkan respons dari dewan juri asal Thailand. Bahkan ada yang membawa pulang produknya.  

Fauzan berharap, dengan diperolehnya kejuaraan ini mahasiswa FIK khususnya dan mahasiswa UMS secara umum dapat terdorong untuk melakukan inovasi. Sehingga melahirkan produk unggul dan berkualitas yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Hal yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti perlombaan internasional dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris agar dalam presentasi produk dapat tersampaikan dengan maksimal. Selain itu, kita harus kuat mental dengan persaingan global, tetapi hal ini akan membentuk mental juara dari mahasiswa itu sendiri,” kata dia.

Ketua Tim Farmasi UMS itu mengungkapkan ini kali pertamanya mengikuti perlombaan internasional. “Kesan saat mengikuti perlombaan ini sebetulnya deg-degan, apalagi ini pertama kali saya mengikuti lomba. Tetapi, kerasa banget dalam menambah pengalaman, terutama bagaimana kita di tim bisa cepat, tanggap, logis, dan cekatan dalam melihat suatu persoalan,” jelasnya.

Menurut dia, kekompakan tim sangat mempengaruhi dalam mendapatkan kejuaraan dari suatu perlombaan. Dalam kesempatan berbeda, Dekan FIK UMS Umi Budi Rahayu mengaku bersyukur karena beberapa waktu lalu Tim FIK UMS berhasil memborong kejuaraan di Indonesia Inventors Day 2023.

Alhamdulillah, prestasi mahasiswa FIK UMS. Kami sangat support segala prestasi mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademik,” ungkapnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement