Selasa 24 Oct 2023 08:42 WIB

Suplemen Nutrisi untuk Penderita Diabetes, Adakah?

Faktor yang paling mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh adalah pola makan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Yusuf Assidiq
Diabetes (Ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Diabetes (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) pada 2021, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia. Dan bagi penderita diabetes, mengonsumsi suplemen nutrisi hampir tidak mungkin terjadi.

 

Diabetes menempati peringkat ketiga sebagai penyakit dengan risiko kematian tertinggi di Indonesia. Meningkatnya jumlah penderita diabetes, disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pola hidup sehat.

 

 

Adapun salah satu faktor yang paling mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh adalah pola makan itu sendiri. Berdasarkan jurnal internasional Advance in Nutrition, komposisi sarapan sangat mempengaruhi kadar gula darah sepanjang hari.

 

Menu sarapan yang disarankan untuk para penderita diabetes adalah makanan yang kaya akan serat, di antaranya gandum, oat, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

 

Sarapan yang mengandung serat tinggi, karbohidrat kompleks dan indeks glikemik yang rendah, akan membantu para penderita diabetes menjaga kestabilan gula darah sepanjang hari, merasa kenyang lebih lama, dan lebih berenergi.

 

Sarapan kaya akan serat dapat dibantu dengan suplemen nutrisi pertama untuk para penderita diabetes, mGanik Multigrain. Dengan formula GlukoStabil® yang terdiri atas 25 jenis multigrain, labu kuning, daun kelor, dan diperkaya dengan kandungan alami lainnya.

 

“Sebuah produk yang bisa mengemas berbagai macam biji, kacang, dan gandum direkomendasikan dikonsumsi secara rutin. Karena nutrisinya sangat bermanfaat bagi tubuh kita,” kata pakar gizi dr Diani Adrina, Senin (23/10/2023).

 

Terbuat dari 100 persen bahan alami membuat produk ini aman bagi lambung dan ginjal, serta juga bisa dikonsumsi oleh semua usia, dari anak-anak hingga lanjut usia.

 

Tak hanya membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mengonsumsi suplemen ini dua kali sehari sebagai sarapan pagi dan pengganti camilan malam akan membantu penderita diabetes menjaga kestablilan gula darah sepanjang hari.

 

“Ini merupakan sebuah inovasi suplemen nutrisi diabetes alami pertama di Indonesia. Dengan kehadiran produk ini, kami ingin membantu para penderita diabetes memiliki hidup sehat,” ujar CEO mGanik, Michael Candiago.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement