Rabu 25 Oct 2023 17:00 WIB

Innalillahi, Relawan Pemadam Kebakaran Lawu Meninggal, Sempat Mengeluh Sesak Nafas

Saat itu posisi korban berada di Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Meninggal dunia (ilustrasi)
Foto: Mardiah Diah
Meninggal dunia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Innalillahi, salah seorang relawan pemadam kebakaran Gunung Lawu atas nama Danang Setiono berpulang ke rahmatullah. Sebelum meninggal Rabu (25/10), ia sempat mengeluhkan sesak nafas.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar, Juli Padmi Handayani mengonfirmasi hal tersebut. "Iya benar ada relawan yang meninggal dunia tadi hari ini, namanya Mas Danang Setiono," kata Juli ketika dihubungi, Rabu (25/10/2023).

Juli mengatakan Danang adalah warga Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Ia mengatakan Danang adalah salah satu relawan yang ikut memadamkan kebakaran di Gunung Lawu di sejumlah titik.

"Kalau Mas Danang dulu pernah ikut memadamkan Gunung Lawu di Cetho, terus kemarin itu berlaku membantu di Cemoro Sewu setelah penutupan via Candi Cetho," katanya.

 

Juli menyebut waktu itu posisi korban di Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur. Dikatakan almarhum sempat mengeluhkan sesak nafas.

Danang sempat dilarikan ke puskesmas serta dibawa ke rumah sakit. Namun, untuk secara rinci diperiksa di mana ia mengaku tak tahu menahu.

Juli juga mengatakan tak tahu rinci soal kronologis awal relawan tersebut meninggal dunia. Pasalnya hal tersebut tak terjadi di daerah Jawa Tengah.

"Sempat mengeluhkan sesak napas terus dibawa ke puskesmas. Terus dirujuk ke rumah sakit. Ini saya dapat kabar kemarin malam tapi saya mau jenguk hari ini, saya rapat dulu tapi kita dapat kabar bahwa beliau meninggal dunia," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement