Jumat 13 Oct 2023 14:37 WIB

Alhamdulillah, Kebakaran Gunung Lawu di Wilayah Karanganyar Telah Padam

Tetap dilakukan pemantauan di beberapa lokasi.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Gunung Lawu
Foto: MountainRanger
Gunung Lawu

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- BPBD Karanganyar menyebutkan kebakaran di Gunung Lawu wilayah Karanganyar Jawa Tengah telah padam. Hal ini setelah dilakukan upaya pemadaman pada hari ke-13.

"Siap sudah padam," kata Kalakhar BPBD Karanganyar Juli Padmi Handayani ketika dihubungi Republika, Jumat (13/10/2023).

Ia juga mengatakan sebelumnya tim relawan gabungan sempat naik ke sisi selatan Hargo Tiling untuk memadamkan secara manual dengan membuat ilarang untuk sekat. Pasalnya pada Kamis (12/10) kemarin water bombing urung dilakukan karena terkendala cuaca.

Menurutnya pemantauan Gunung Lawu tetap dilakukan di sejumlah area mulai dari Gadungan, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso. Namun hasil pantauan cuaca cerah, bersih tanpa asap.

 

"Patroli dilakukan pagi ini tadi. Dinyatakan tidak ada titik api. Namun, tetap melakukan pemantauan di beberapa lokasi," ujarnya.

Di sisi lain, Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Lawu Utara KPH Solo Sartono mengatakan masih melakukan pemantauan di kawasan Candi Sukuh.

Hal tersebut untuk memastikan sudah tidak ada titik api. "Sementara ini sudah tidak ada titik api. (Sudah padam?) Sudah," kata Sartono.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement