Selasa 31 Oct 2023 08:29 WIB

Jelang Musim Hujan, Ini Tips Rawat Kendaraan Supaya Tetap Prima

Perawatan kendaraan berimbas besar dalam hal keselamatan dan kenyamanan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pemeriksaan kondisi kendaraan (ilustrasi)
Foto: Republika
Pemeriksaan kondisi kendaraan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Achmad Fauzan Hery Soegiharto, berbagi tips perawatan kendaraan khususnya saat memasuki musim penghujan. Hal ini diungkapkan mengingat musim hujan seringkali membawa tantangan tersendiri bagi para pengendara.

Pria disapa Fauzan ini menyampaikan, pengendara sangat penting untuk memeriksa semua bagian-bagian kendaraan sebelum memasuki musim penghujan. Hal ini dimulai dari bagian luar hingga dalam kendaraan.

Baca Juga

Menurut dia, pengendara sangat perlu memastikan ban dalam kondisi baik karena butuh cengkraman yang lebih kuat. Pengendara harus memperhatikan garis-garis dari bannya agar jangan sampai halus. "Ini untuk meminimalisir hidroplating atau terpeleset ketika jalan basah dan licin. Selain itu remnya juga harus dicek kanvasnya,” katanya.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk memperhatikan sistem kelistrikan pada kendaraan. Air dan kelistrikan tidak selalu berjalan baik bersama.

Maka dari itu, pengendara harus memastikan sistem listrik kendaraan terlindungi dari kelembaban dan air hujan. Terutama jika ada bagian-bagian yang terletak di bawah kendaraan.

Pengendara juga perlu memastikan sistem pelumasan kendaraan terjaga dengan baik. Sebab, ini akan membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh air.

Khusus untuk mobil, ada tambahan untuk cek segel kabin dan memastikan tidak ada kebocoran yang menyebabkan masalah selama hujan. Ini juga melibatkan pemeriksaan AC yang penting untuk mencegah embun di dalam kabin.

Untuk bagian luar, wiper harus dicek airnya karena itu salah satu komponen kunci untuk menjaga stabilitas selama hujan. Di akhir, hal penting yang harus diperhatikan adalah bagian-bagian kaki dan cat kendaraan.

Meskipun bukan komponen teknis, bagian itu bisa lebih rentan terhadap korosi dan kerusakan selama musim hujan. Menurut dia, persiapan dan perawatan kendaraan dapat berimbas besar dalam hal keselamatan dan kenyamanan.

Maka dari itu, Fauzan mengingatkan bahwa semuanya harus dalam kondisi optimal. Dia pun mengingatkan bahwa perawatan yang rutin adalah langkah penting.

Pengendara harus menjadwalkan perawatan berkala kendaraan bermesin untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik sepanjang tahun. "Baik pada musim kemarau maupun musim penghujan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement