Rabu 22 Nov 2023 11:11 WIB

Wabup Sleman Serahkan BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Para pekerja pabrik rokok menerima BLT sebesar Rp 600 ribu.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa (kanan) menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada pekerja pabrik rokok di Kabupaten Sleman yakni di kantor PT Mitra Adi Jaya, Kapanewon Berbah, Selasa (21/11/2023).
Foto: Humas Pemkab Sleman
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa (kanan) menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada pekerja pabrik rokok di Kabupaten Sleman yakni di kantor PT Mitra Adi Jaya, Kapanewon Berbah, Selasa (21/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Sosial Kabupaten Sleman menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Selasa (21/11/2023). Bantuan tersebut diberikan secara langsung secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa kepada pekerja pabrik rokok di Kabupaten Sleman yakni di kantor PT Mitra Adi Jaya, Kapanewon Berbah.

Para pekerja pabrik rokok menerima BLT sebesar Rp 600 ribu yang diserahkan secara simbolis kepada tiga perwakilan pekerja. Dalam proses penyaluran BLT tersebut, Pemkab Sleman bekerja sama dengan Bank Sleman.

Danang mengatakan, BLT yang diterima pekerja dari DBHCHT merupakan buah dari upaya berbagai pihak untuk memberikan bantuan kesejahteraan kepada pekerja terutama di pabrik rokok. Danang berharap penerima manfaat BLT bisa memanfaatkan bantuan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Ini sebagai komitmen kami Pemkab Sleman untuk memberikan kesejahteraan bagi pekerja terutama pekerja pabrik rokok di Kabupaten Sleman, semoga setiap tahun kita bisa terus memberikan BLT," kata Danang.

Danang menambahkan, perkembangan pabrik rokok yang ada di Sleman diharapkan juga mampu menyerap banyak tenaga kerja terutama warga Sleman dan mengurangi jumlah pengangguran sehingga kemiskinan bisa ditekan sekaligus bisa meningkatkan DBHCHT. 

Sementara itu, Ketua PP Forum Serikat Pekerja RTMM SPSI, Sudarto menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan advokasi dengan Kementerian Keuangan untuk memperoleh kejelasan regulasi terkait bantuan DBHCHT ini. Ia mengatakan empat tahun terakhir serapannya tumbuh baik dalam bentuk BLT maupun pelatihan pekerja

"Kami memberikan apresiasi kepada Pemkab Sleman karena dari pemetaan kami, serapan di Sleman pemanfaatannya maksimal . Kami berharap bisa dilakukan di daerah lain agar dananya bisa tepat sasaran," ucapnya.

Direktur PT Mitra Adi Jaya, Ari Nugroho menyampaikan penerima bantuan BLT di kantornya berjumlah 1.202 pekerja yang mayoritas didominasi okeh pekerja dari Kabupaten Sleman. Ia berterima kasih kepada Pemkab Sleman dan seluruh pihak yang membantu penyaluran BLT DBHCHT ini. Ia berharap dengan bantuan ini memberikan manfaat baik bagi pekerja maupun perusahaan untuk meningkatkan produktivitas sehingga kesejahteraan pekerjanya dapat meningkat.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement