Jumat 01 Dec 2023 01:14 WIB

High Level Meeting TPID Sleman Upaya Kendalikan Harga Bahan Pokok

Tingkat inflasi berpotensi mengalami kenaikan pada akhir tahun.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka High Level Meeting TPID Kabupaten Sleman.
Foto: Dokumen
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka High Level Meeting TPID Kabupaten Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menyelenggarakan High Level Meeting yang dibuka secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, di Hotel Crystal Lotus, Sleman, Kamis, (30/11/2023).

Kustini mengatakan acara itu merupakan upaya untuk memantapkan kolaborasi dan sinergi dalam mengendalikan harga dan menjaga ketersediaan stok atau pasokan kebutuhan pokok di  Sleman.

Menurutnya, dalam menyongsong perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Pemkab Sleman harus menjamin ketersediaan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat serta mengupayakan agar harganya terjangkau.

"Saya yakin dengan koordinasi dan sinergi yang mantap diantara seluruh stakeholder maka kita dapat melakukan seluruh upaya yang dimungkinkan untuk mendukung upaya pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan pengendalian inflasi jelang Natal dan Tahun Baru 2024," kata dia.

Kustini berharap TPID tidak hanya berfokus pada persoalan yang memicu gejolak harga melalui pendekatan yang bersifat jangka pendek. Namun secara bertahap direncanakan mulai menyentuh pada solusi atas berbagai persoalan yang bersifat struktural seperti peningkatan produktivitas, kelancaran distribusi, dan struktur pasar yang efisien.

"Pada kondisi seperti inilah peran pemerintah melalui TPID sangat diperlukan dan tidak hanya memantau harga, ketersediaan stok dan distribusi bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat tetapi juga untuk mengendalikan laju inflasi serta langkah-langkah yang responsif dan efektif," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Slemam, Suyanto melaporkan Nataru merupakan hari besar yang memiliki pengaruh besar terhadap mekanisme pasar.

Tingkat inflasi di DIY berpotensi mengalami kenaikan pada akhir tahun yang disebabkan tingginya peluang kunjungan wisatawan, permintaan terhadap bahan pangan, maupun kebutuhan transportasi.

Dengan demikian, TPID Sleman perlu melaksanakan berbagai upaya pengendalian inflasi yang salah satunya adalah pelaksanaan High Level Meeting TPID Sleman.

"High Level Meeting TPID Sleman diselenggarakan untuk peningkatan peran dan fungsi koordinasi antara stakeholder terkait dalam rangka kesiapan menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta membahas program kerja sepanjang 2023 dan program strategis yang akan diselenggarakan 2024," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, turut dilakukan penandatanganan Keputusan Bupati Sleman tentang Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Sleman yang akan mencabut Keputusan Bupati Sleman Nomor 9.3 Tahun 2018 tentang Tim Pelaksana Pengendalian Inflasi Daerah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement