Sabtu 02 Dec 2023 07:50 WIB

BMKG Perkirakan Puncak Rob di Pantura Semarang Terjadi 2-5 Desember

Pengguna jalan perlu mencari jalan alternatif menghindari Jalan Kaligawe.

Warga menumpang truk saat menerobos banjir di kawasan Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga menumpang truk saat menerobos banjir di kawasan Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Aparat kepolisian mengimbau pengguna jalan mewaspadai ancaman banjir rob di jalur pantai utara yang menghubungkan Kota Semarang dan Kabupaten Demak saat terjadi pasang air laut pada Desember 2023.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang Ajun Komisaris Besar Polisi Yunaldi mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pasang air laut yang memicu rob tinggi di pesisir Kota Semarang akan terjadi pada 1 hingga 10 Desember 2023.

Kondisi tersebut kemungkinan diperparah curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. "Kondisi tersebut akan memicu genangan banjir di Jalan Kaligawe yang berdampak terhadap tersendatnya arus lalu lintas," katanya.

Oleh karena itu, ia meminta pengguna jalan menyiapkan diri untuk mencari jalan alternatif menghindari Jalan Kaligawe. Yunaldi menyarankan pengguna jalan dari Kota Semarang yang hendak menuju Demak atau sebaliknya untuk menggunakan jalur alternatif melalui Mranggen atau Onggorawe.

 

Sebelumnya, BMKG memprakirakan puncak pasang air laut akan terjadi pada 2 hingga 5 Desember 2023 di wilayah pantura Jawa Tengah, termasuk Kota Semarang. Pada saat puncak, ketinggian air pasang diperkirakan mencapai satu meter

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement