Senin 18 Dec 2023 21:39 WIB

Empat Pospam Disiapkan Bantu Pengamanan Nataru di Sleman

Tahun ini petugas tidak membuka Pospam di Kaliurang.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Petugas Dinas Perhubungan DIY dan Satgas Covid-19 Yogyakarta memeriksa dokumen bus pariwisata di Posko Pemeriksaan Kendaraan Libur Nataru (ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Petugas Dinas Perhubungan DIY dan Satgas Covid-19 Yogyakarta memeriksa dokumen bus pariwisata di Posko Pemeriksaan Kendaraan Libur Nataru (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Sebanyak 220 personel disiapkan Satlantas Polresta Sleman dalam Operasi Lilin Progo 2023.

Para personel akan dibagi di empat pos pengamanan (pospam), yaitu Pospam Tempel, Pospam Gamping, Pospam Amplaz, dan Pospam Prambanan. 
 
Wakil Satlantas Polresta Sleman AKP Arfita Dewi mengatakan khusus di Pospam Tempel, pihaknya juga menyediakan rest area untuk wisatawan atau pemudik beristirahat.
 
"Bagi wisatawan maupun pemudik yang akan melaksanakan istirahat karena kemungkinan setiap pengendara memiliki titik lelah, jadi di Pospam Tempel juga akan disediakan tempat istirahat bagi pemudik," kata Arfita.
 
Selain anggota yang tergabung dalam  operasi lilin, polisi juga mensiagakan baik dari personel satkum maupun polsek jajaran yang berjumlah sekitar 1.071 personel. Para personel tersebut nantinya akan ditempatkan di seluruh daerah Polresta Sleman baik di daerah rawan macet, di gereja-gereja maupun di tempat hiburan yang jadi tempat perayaan tahun baru.
 
"Di seputar Kaliurang itu ternyata schedule kegiatan natalnya banyak sekali," ucapnya.
 
Ia mengungkapkan tahun ini petugas tidak membuka Pospam di Kaliurang. Akan tetapi Satuan Polresta Sleman telah menyiapkan regu tim urai kemacetan dan satu regu tim patroli rawan kecelakaan. 
 
Sementara itu, skema rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di seputar Kaliurang selama libur Nataru yakni kendaraan yang melalui Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) utama, saat kendaraan sampai di Tugu Udang kendaraan akan diarahkan ke Jalan Wira menuju ke Jalan Bojong. 
 
Kemudian kendaraan yang meninggalkan Taman Wisata Kaliurang diarahkan melalui Astomulyo menuju Jalan Kaliurang. Pada saat terjadi kepadatan arus di Jalan Kaliurang bawah, maka arus lalu lintas di Simpang Tiga Pakem diarahkan di Jalan Pakem Turi menuju Simpang Tiga Pulowatu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement