Selasa 06 Feb 2024 12:58 WIB

Sejumlah Daerah di DIY Diprediksi Hujan Sedang-Lebat Hari Ini

Potensi hujan lebat tersebar di sejumlah daerah wilayah DIY pada siang-sore hari.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Sejumlah daerah di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berpotensi mengalami hujan pada Selasa (6/2/2024) ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan ringan hingga lebat.

“Siang-sore hari berpotensi hujan sedang-lebat di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo bagian utara dan tengah, serta Gunungkidul bagian utara dan tengah.” Demikian informasi dari BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Yogyakarta (YIA).

Baca Juga

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat itu diprediksi dapat disertai kilat atau petir maupun angin kencang. Masyarakat diminta waspada akan dampak kondisi cuaca tersebut. Khususnya di daerah dengan intensitas hujan lebat.

Pasalnya, kondisi cuaca tersebut dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, juga pohon tumbang akibat angin kencang.

Pada malam hari, BMKG Stamet YIA memperkirakan ada potensi hujan dengan intensitas ringan. Potensi cuaca tersebut di wilayah Sleman bagian barat, Bantul bagian selatan, Kulon Progo bagian tengah dan selatan, serta Gunungkidul bagian selatan.

Terkait kondisi gelombang laut di perairan selatan DIY, BMKG menginformasikan ketinggiannya diperkirakan sekitar 1,25 meter hingga 2,5 meter, yang masuk kategori sedang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement