Rabu 28 Feb 2024 15:20 WIB

SD di Surenlor Trenggalek Rusak Akibat Longsor

Longsoran juga sempat menutup akses rumah warga.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Warga dan petugas membersihkan material longsor.
Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
(ILUSTRASI) Warga dan petugas membersihkan material longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK — Salah satu bangunan sekolah dasar (SD) di Desa Surenlor, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengalami kerusakan akibat bencana longsor. Kejadian longsor dilaporkan dipicu hujan deras yang terjadi pada Senin (26/2/2024).

Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Namun, bagaimanapun kerusakan bangunan menyebabkan proses belajar-mengajar siswa terganggu,” kata Kepala Polsek (Kapolsek) Bendungan Iptu Suswanto, saat dikonfirmasi lewat telepon, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga

Longsor dilaporkan terjadi pada Senin petang, saat tidak ada lagi kegiatan belajar mengajar. Longsor terjadi pada bagian tembok plengsengan penahan kamar mandi dan gedung SDN 2 Surenlor bagian belakang, dengan ketinggian sekitar lima meter dan lebar kurang lebih sembilan meter. “Bangunan gedung utuh, tetapi fondasinya yang ambrol,” kata Kapolsek.

Kapolsek mengatakan, longsoran juga sempat akses jalan rumah warga. Pada Selasa, petugas gabungan gotong royong membersihkan material longsor. Pembersihan disebut tidak bisa dilakukan langsung setelah kejadian lantaran hujan kerap turun, yang dikhawatirkan memicu longsor lagi.

 

Kapolsek mengimbau masyarakat tetap waspada akan potensi terjadinya bencana, terlebih saat turun hujan deras. Pasalnya, di wilayah Kecamatan Bendungan dinilai rentan terjadi longsor. “Kami imbau untuk selalu hati-hati dan waspada,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement