Ahad 03 Mar 2024 15:36 WIB

Pemkab Kudus Siapkan 76 Paket Pelatihan Kerja, Kuota 1.216 Orang

Dinas Tenaga Kerja Kudus menyediakan 26 jenis pelatihan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pelatihan kerja menjahit.
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
(ILUSTRASI) Pelatihan kerja menjahit.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, kembali menyiapkan program pelatihan kerja bagi masyarakat. Pada 2024 ini, disebut disediakan 76 paket pelatihan, dengan 26 jenis pelatihan.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati, untuk kegiatan pelatihan kerja itu pada tahun ini dialokasikan anggaran sekitar Rp 5,5 miliar. Kuota pelatihan kerja itu disediakan untuk 1.216 orang.

Baca Juga

“Masyarakat yang belum bekerja atau terkena pemutusan hubungan kerja bisa memanfaatkan program pelatihan kerja tersebut,” ujar Rini, Ahad (3/3/2024).

Jenis pelatihan yang disediakan, antara lain menjahit, membuat roti dan kue, membuat cendera mata, tata boga, dan tata rias pengantin. Warga yang tertarik dengan program tersebut bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kudus.

Rini mengatakan, dari paket pelatihan yang disiapkan, sejauh ini baru terealisasi sekitar 28 persen. Karenanya, warga yang tertarik diminta mendaftarkan diri. Selain pelatihan kerja yang digelar di kelas, ada juga kegiatan yang dilakukan di lingkungan masyarakat melalui mobile training unit. Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan mempunyai bekal keterampilan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement