Rabu 13 Mar 2024 21:31 WIB

Banjir Rob Landa Pesisir Selatan Trenggalek, Sampah Berserakan

Warga di pesisir Trenggalek diminta selalu waspada akan banjir rob.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Dampak banjir rob.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
(ILUSTRASI) Dampak banjir rob.

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK — Banjir rob melanda kawasan pesisir selatan wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Banjir akibat luapan pasang air laut itu sempat menggenangi sejumlah kios atau warung di kawasan wisata pantai.

Banjir rob itu dilaporkan terjadi sejak Selasa (12/3/2024) dan berlanjut pada Rabu (13/3/2024) pagi. “Puncaknya tadi malam,” kata Staf Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek Adi Muji Prasetyo. 

Baca Juga

Dilaporkan banjir rob melanda pesisir selatan Kecamatan Panggul, Munjungan, hingga Teluk Prigi. Tidak ada laporan korban jiwa ataupun luka akibat kejadian tersebut.

Namun, banjir merusak sejumlah kios atau warung. Banjir juga membawa sampah, yang akhirnya berserakan di kawasan pesisir. “Yang lebih banyak malah sampah yang terbawa ke daratan itu,” kata Adi.

Genangan banjir rob kini sudah surut. Sejumlah warga bergotong royong membersihkan sampah yang berserakan dan membenahi warung.

Masyarakat diimbau selalu waspada akan potensi banjir rob ini. “Kejadian banjir laut di pesisir Pantai Konang ini merupakan kejadian tahunan. Terjadi setiap tahun antara Maret atau Mei,” kata Adi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement