Ahad 24 Mar 2024 14:17 WIB

Proyek Viaduk Gilingan Solo Ditargetkan Selesai Awal April

Wali Kota Solo memprioritaskan proyek viaduk agar dapat tuntas sebelum Lebaran.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Irfan Fitrat
Pengerjaan proyek Viaduk Gilingan di Kota Solo, Jawa Tengah, Ahad (24/3/2024).
Foto: Republika/Muhammad Noor Alfian Choir
Pengerjaan proyek Viaduk Gilingan di Kota Solo, Jawa Tengah, Ahad (24/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Proyek pembangunan Viaduk Gilingan di Kota Solo, Jawa Tengah, masih berjalan. Ditargetkan proyek tersebut bisa diselesaikan pada awal April mendatang.

Pembangunan viaduk itu dilakukan PT Calista. “Insyaallah, tanggal 3 April 2024 kami buka sesuai dengan target awal kemarin saat ditutup. Jadi, pengerjaan kurang lebih tiga minggu,” kata pekerja teknik PT Calista, Aryo, saat dihubungi awak media, Ahad (24/3/2024).

Baca Juga

Aryo menjelaskan, sebagaimana desain awal, saat ini masih dilakukan penggalian untuk menurunkan jalan. “Untuk tingginya 4,2 meter dan lebarnya 11 meter,” ujar dia.

Menurut Aryo, nantinya Viaduk Gilingan tetap bisa dibuka, meskipun pembongkaran jembatan kereta api yang lama masih dalam proses. “Jembatan KA belum selesai, cuma itu tidak berkaitan dengan jalur jalan rayanya. Tetap bisa kita buka. Kekurangan rel masih kurang memasang satu lajur. Sekarang masih single track, belum double,” katanya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pembangunan Viaduk Gilingan menjadi prioritas agar bisa dituntaskan sebelum momen Lebaran Idul Fitri. “Satu prioritas, viaduk harus rampung dalam tiga minggu biar tidak mempersulit warga atau pemudik,” kata Gibran.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement